×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Siapa sangka dalam diri Van Halen masih mengalir darah Indonesia

View Image

0

BRILIO » News

Siapa sangka dalam diri Van Halen masih mengalir darah Indonesia

Siapa sangka jika di dalam tubuh keluarga Van Halen mengalir darah Indonesia yang berasal dari ibunya.

21 / 08 / 2015

Brilio.net - Siapa tak kenal grup musik Van Halen yang digawangi dua saudara Edward Lodewijk "Eddie" Van Halen dan Alex Van Halen. Grup musik cadas asal Pasadena, California Amerika Serikat, ini diambil dari nama belakang keluarga Van Halen. Grup musik ini sangat tenar di era 1980-an hingga 1990-an.

Tapi, siapa sangka jika di dalam tubuh keluarga Van Halen mengalir darah Indonesia yang berasal dari ibunya. Dalam sebuah wawancara yang dipandu David Lee Roth, mantan vokalis Van Halen beberapa waktu lalu, Alex dan Eddie secara terus terang mengaku bahwa dalam dirinya mengalir darah Indonesia.

Eddie berkisah ibunya mempunyai darah Indonesia. Ayahnya, Jan Van Halen (1920-1986) yang juga berdarah Swedia, seorang pemain saksofon sementara ibunya Eugenia van Beers (1914-2005) seorang keturunan Eropa-Indonesia. Ibunya lahir di Rangkasbitung, Banten.

Siapa sangka dalam diri Van Halen masih mengalir darah Indonesia

Alex (kiri) dan Eddie (kanan) semasa kecil.

Loading...

Pertemuan kedua orangtua Eddie dan Alex berawal dari musik. Sang ayah awalnya datang ke Indonesia karena mendapatkan kontrak bermain musik selama enam minggu. Namun, nasib berkata lain, sang ayah justru kepincut dengan Eugenia yang juga gemar bermusik hingga akhirnya mereka menikah dan tinggal di Indonesia selama enam tahun.

Bahkan menurut Eddie, ibunya yang paling banyak mendorongnya untuk mempunyai ambisi bermain musik. “Wah menarik!! Jadi, bagaimana ayah kalian bertemu dengan ibu kalian, yang orang Indonesia?,”tanya David Lee Roth kepada Eddie yang kemudian dijawab “Perjalanan dunia, bermain musik”.

Siapa sangka dalam diri Van Halen masih mengalir darah Indonesia

Kedua orangtua Eddie dan Alex, Jan Van Halen dan Eugenia van Beers.

Dibanding adiknya, Eddie lebih terkenal. Selain sebagai seorang gitaris, pria kelahiran Nijmegen, Belanda, 26 Januari 1955 ini juga seorang penulis lagu dan produser. Keluarga Van Helen pada 1962 bermigrasi ke Pasadena, California. Di sini sang ayah segera mengajarkan anaknya bermain piano.

Nampaknya, piano kurang cocok bagi kedua anaknya. Sang ayah kemudian memberikan drum kepada Eddie dan dan gitar untuk Alex. Namun dalam perkembangannya, Eddie lebih menyukai gitar dan Alex drum.

Eddie Van Halen dikenal sebagai salah satu pemain gitar yang memiliki banyak inovasi permainan sehingga namanya dikenal luas sebagai salah satu dewa gitar kelas dunia dengan gaya bermain yang piawai dan cepat (speed).

Indonesia mempunyai kontribusi membentuk grup musik Van Helen yang sudah tenar di dunia. Bukan hanya proses perkenalan orangtua, namun Indonesia mewarnai sejarah musik orang tua mereka yang juga musisi. Eddie dan Alex merupakan diaspora Indonesia di dunia seni.

Simak wawancara David Lee Roth dengan Eddie dan Alex di bawah ini:







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    67%

  • Ngakak!

    33%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more