Bing Slamet lahir di Cilegon, Banten, 27 September 1927 dengan nama Ahmad Syech Albar adalah salah satu maestro lawak Indonesia pada masanya bersama Kwartet Jaya. Awal mula karirnya adalah dari panggung hiburan sebagai pelawak, ayahnya seorang mantri pasar bernama Rintrik Achmad.

Sejak tahun 1939, dalam usia 12 tahun, Bing Slamet telah ikut mendukung Orkes Terang Bulan yang dipimpin Husin Kasimun. Bakat seninya yang luar biasa mulai terlihat di sini. Setahun menjelang proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia, Bing ikut bergabung dengan kelompok teater Pantja Warna.

bing slamet mirip adi bing slamet © TikTok

foto: TikTok/@taplakrianto

Bing Slamet menikah dengan wanita bernama Ratna Komala Furi. Dari pernikahan itu dia dikaruniai anak bernama Uci Bing Slamet, Adi Bing Slamet, dan Iyut Bing Slamet. Keluarga Bing Slamet kini juga terjun ke dunia hiburan dan banyak membuat karya seperti Bing Slamet.

Dia meninggal di Jakarta pada tanggal 17 Desember 1974 karena penyakit liver yang ia derita. Sebelum menghembuskan nafas terakhir, ia sempat bermain film terakhirnya berjudul Bing Slamet Koboi Cengeng yang dibintangi oleh Ateng dan Iskak.