Brilio.net - Perusahaan monitoring media sosial yang berbasis di Inggris, Brandwatch merilis Most Influential Women on Twitter (Wanita Paling Berpengaruh di Twitter) pada Kamis (10/11). Penghitungan skor dalam penilaian ini tidak semata melihat pada jumlah pengikut. Ada beberapa faktor yang mendasari, antara lain rasio followers-following, kemampuan memicu interaksi, serta jumlah orang-orang berpengaruh yang berinteraksi dengan akun Twitter tersebut.

Brandwatch menggunakan banyak database dari nama akun untuk mengidentifikasi gender sosok pemilik akun. Sebab, algoritma tidak dapat mengidentifikasi hal ini. Penelitian tersebut juga menggabungkan kategorisasi gender dan skor influencer untuk menentukan peringkat.

"Kami telah memperkirakan akan melihat akun-akun besar seperti akun Twitter milik Katy Perry dan Justin Bieber dalam daftar ini, namun kami takjub dan juga senang melihat munculnya wajah-wajah baru dalam hasil penelitian ini. Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh suatu akun tidak semata-mata ditentukan oleh banyaknya jumlah followers. Anda harus benar-benar aktif berinteraksi dengan followers dan seluruh jagad Twitter untuk masuk ke dalam daftar ini," ucap Gemma Joyce selaku Social Data Journalist Brandwatch, seperti dirilis dari Dentsu Aegis Network Indonesia.

haruka twitter kapanlagi.com

Nah, salah satu yang masuk daftar 10 besar itu adalah aktris yang kini berdomisili di Jakarta, Haruka Nakagawa. Gadis kelahiran Tokyo, 10 Februari 1992 ini menempati urutan 7, mengungguli Ellen Degeneres, Britney Spears, dan Adele. Akunnya memiliki pengikut sebanyak 1,23 juta. Berada di urutan 11-15 adalah Hillary Clinton, Ariana Grande, Alicia Keys, Emma Watson, Nicki Minaj.

Loading...

Haruka merupakan anggota AKB48 generasi ketiga. Pada 2012 dia pindah ke Jakarta untuk berkarier sebagai anggota JKT48. JKT48 memiliki anggota 71 orang yang terbagi dalam tiga tim, yaitu Tim J sebanyak 15 orang, Tim K sebanyak 17 orang, dan Tim T sebanyak 15 orang. Haruka juga didaulat menjadi kapten Tim T.

Berikut ini daftar Top 10 Most Influential Women on Twitter berdasarkan laporan yang dirilis Brandwatch dikutip brilio.net, Rabu (23/11):

1. Jennifer Lopez (@JLo)

2. Katty Perry (@katyperry)

3. Selena Gomez (@selenagomez)

4. Shakira (@shakira)

5. Demi Lovato (@ddlovato)

6. Oprah Winfrey (@oprah)

7. Haruka Nakagawa (@HarukaN_JKT48)

8. Ellen Degeneres (@TheEllenShow)

9. Britney Spears (@britneyspears)

10.Adele (@adele)