Brilio.net - Dunia sastra dan perfilman Tanah Air kembali berduka. Penulis novel Lupus, Hilman Hariwijaya meninggal dunia pada Rabu (9/3) di usia 57 tahun. Kabar duka ini diketahui dari unggahan mantan istrinya, Nessa Sadin melalui laman Instagram.

hilman hariwijaya penulis lupus meninggal dunia © instagram

foto: Instagram/@nessa.sadin

"Innalillahi wainnaillahi rojiun. Telah berpulang Hilman Hariwijaya, Rabu, 9 Maret 2022 pukul 08.02wib. Mohon dibukakan pintu maaf sebesar-besarnya untuk almarhum," tulisnya dilansir brilio.net pada Rabu (9/3).

Kondisi kesehatan Hilman Hariwijaya sudah terlihat menurun sejak akhir 2021. Di unggahan terakhirnya, Hilman tampak terbaring di rumah sakit dengan ditemani buah hatinya yang berkostum Spider-Man.

Kepergian Hilman pun turut dirasakan juga oleh produser film dan sinetron, Agung Saputra. Seperti diketahui, selain menulis novel Lupus, Hilman juga merambah dunia pertelevisian dengan menulis skenario sinetron.

Mengunggah potret Hilman kenakan kaus dan jaket band Queen, Agung berdoa semoga Hilman mendapatkan tempat terbaik disisi-Nya.

hilman hariwijaya penulis lupus meninggal dunia © instagram

foto: Instagram/@agungsaputrabm

"Innalillahi wainnaillahi rojiun @thehilmanhaiwijaya. Semoga amal ibadahmu diterima oleh Allah SWT," tuturnya.

Sosok Hilman Hariwijaya turut menemani perjalanan kawula muda di era 80-an. Ia terkenal dengan trio penulis novel Lupus bersama Gusur Adhikarya dan Boim Lebom. Nggak hanya novel, Hilman juga meluncurkan buku Lupus Kecil dan Lupus ABG.

Selain menulis buku dan cerita pendek, Hilman Hariwijaya juga pernah menjadi penulis naskah beberapa film, seperti Dealova (2005), The Wall (2007), Anak Ajaib (2008), Suka Ma Suka (2009), dan Rasa (2009).

hilman hariwijaya penulis lupus meninggal dunia © instagram

foto: Instagram/@thehilmanhariwijaya

Namun, beberapa tahun terakhir, Hilman banyak membuat naskah untuk sinetron. Salah satunya adalah Dari Jendela SMP yang dibintangi Sandrinna Michelle dan Love Story The Series.

Nggak hanya itu, ia juga bertanggung jawab untuk skenario Melati untuk Marvel, Anak Jalanan, hingga Cinta Fitri (season 2-3) yang mengorbitkan pasangan Tengku Wisnu dan Shireen Sungkar.