Brilio.net - Dunia Hiburan Tanah Air diselimuti duka dengan kabar meninggalnya Dorce Gamalama pada Rabu (16/2). Dari penuturan sang sahabat, Hetty Sunjaya, Dorce Gamalama meninggal di usia 58 tahun usai terinfeksi Covid-19 saat menjalani perawatan di Rumah Sakit Pusat Pertamina Simprug.

"Waalaikumsalam, benar iya jam setengah 8 pagi meninggal. Beliau kena Covid hampir 3 minggu di RS. Dia langsung drop dan nggak sadarkan diri sampai meninggalnya di RSPP Simprug. Nggak bisa diliat, langsung diurus RS. Gak diizinin sekarang. Karena RS Covid ga bisa diliat," ungkap Hetty Sunjaya, dilansir dari Kapanlagi.com.

Selama hidup, Dorce Gamalama telah banyak menorehkan prestasi di dunia hiburan. Menghiasi layar kaca di era 90-an hingga 2000-an, kariernya pun seakan tak pernah padam. Selain dikenal sebagai presenter, ia juga terjun ke dunia seni peran dan dunia tarik suara.

Di bidang musik, membawa sosok kelahiran 1963 itu mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Dorce Gamalama meraih MURI atas pencapaian melahirkan sembilan album dalam kurun waktu lima bulan pada November 2005 sampai Maret 2006.

Dalam balutan dress hitam putih, potretnya pun begitu bahagia saat berjabat tangan dengan wakil dari MURI, Paulus Pangka. Penghargaan tersebut didapatkan Dorce lewat album yang memuat 90 lagu dengan melibatkan 74 penyanyi papan atas.

kenangan dorce gamalama raih muri © instagram

foto: Instagram/@dg_kcp

"Sejujurnya apa yang diberikan MURI kepada saya merupakan sesuatu yang patut disyukuri dan penghargaan ini bagi saya pribadi, merupakan wujud dari eksistensi saya sejak bergelut di bidang entertain selama 32 tahun," tutur Dorce, dilansir dari Kapanlagi.com.

Semua lagu diciptakan oleh Dorce sendiri tanpa menggunakan not balok. Dalam 9 album tersebut 7 bergenre dangdut, sedangkan sisanya beraliran pop, yaitu POP KARYAKU 2 dan POP KARYAKU 3.

Kembali dilansir dari Kapanlagi.com, Dorce menyebut jika hasil penjualan keseluruhan album akan diserahkan ke yayasan yang didirikan, yaitu yayasan Dorce Halimatussa'diyah.