Brilio.net - Kabar duka datang dari dunia hiburan Tanah Air. Pada hari Rabu (16/2) hari ini, Dorce Gamalama telah mengembuskan napas terakhirnya pada usia 58 tahun di RSPP Simprug pukul 08.00 WIB. Sebelum pergi untuk selama-lamanya, Dorce sempat berbicara mengenai wasiat.

Kala itu di sejumlah wawancara televisi maupun kanal YouTube para rekan artis, Dorce Gamalama ingin saat dirinya meninggal nanti akan dimandikan dan dimakamkan sebagai seorang perempuan.

Seperti diketahui, Dorce Gamalama disebut sebagai artis transgender pertama di Indonesia. Nama aslinya adalah Dedi Yuliardi Ashadi. Namun menurut penuturan Dorce, ia merasa telah menjadi perempuan setelah dioperasi.

"After operation, saya jadi perempuan. Ya saya punya kelamin perempuan. Mandikan saya dengan pakaian perempuan, sebagai seorang wanita," demikian pernyataan Dorce kala itu.

Dorce dimakamkan sebagai laki-laki Berbagai sumber

foto: Instagram/@dg_kcp

Sempat ramai dipertanyakan, pihak keluarga akhirnya menyampaikan perihal pemakaman Dorce Gamalama.

Dikutip brilio.net dari Liputan6.com, Mimi selaku keponakan dari mendiang Dorce Gamalama menyebut bahwa keluarga akan tetap menjalankan pemakaman menurut Syariat Islam. Dengan kata lain, Dorce akan dimakamkan secara laki-laki.

"Kita biar bagaimanapun akan kembali ke agama ya, di agama jelas syariatnya seperti apa," kata Mimi.

Dorce dimakamkan sebagai laki-laki Berbagai sumber

foto: Instagram/@dg_kcp

Pernyataan yang sama juga disampaikan oleh Ustaz Anan Muhajir, selaku pengurus Masjid Al Hayyu, Lubang Buaya, Jakarta Timur. Ustaz Anan mengatakan bahwa pihaknya tengah mempersiapkan proses pemakaman Dorce. Hanya saja, proses tersebut tak sesuai dengan keinginan Dorce Gamalama yang berwasiat ingin disalatkan dan dimakamkan sebagai wanita.

"Itu kan cuma keinginan beliau, yang ngurusin kan kita semua. Kita semua tahu beliau dilahirkan seperti apa, ya kita kembalikan lagi ke asal," kata Ustaz Anna Muhajir.

Ustaz Anna Muhajir lebih mempertimbangkan soal keimanan Dorce kepada Tuhan. Soal proses pemakaman, ia memilih untuk mengembalikan identitas Dorce ke asalnya. Sehingga setelah disalatkan, Dorce akan dimakamkan sebagai laki-laki.

"Ya kita kembalikan lagi ke asal, yang penting kita lihat keimanan dia ke Allah, saya nggak lihat yang lain-lain dulu," pungkasnya.