Hanya dibantu adiknya, Rafael pun melakukan pekerjaan mulai dari menguleni adonan hingga mengirim makanan kepada pembeli. Bukan hanya menahan lelah, Rafael juga harus tebal muka menjadi omongan orang-orang sekitar.

"3 bulan bertahan jualan baso aci. Buletin sendiri, packing sendiri, order gojeknya untuk kirim-kirimnya sendiri. Itu capek banget. Udah capek iya malu juga iya. Pasti kan orang orang 'ih gila ya si Rafael'. Tapi bodo amat lah, maksudnya gimana caranya supaya gue bisa bertahan, cicilan masih ada juga gitu kan?," terangnya.

Tapi sayang, tenaga yang dikeluarkan tak sebanding dengan penghasilan yang didapat. Hasil dari jualan baso aci hanya cukup untuk membayar tagihan listrik dan kebutuhan makan sehari-hari.

 

rafael jualan bakso aci © berbagai sumber

foto: Instagram/@rafaell_16

"Selaku-lakunya gimana? Paling bayar listrik, habis buat makan sehari-hari," ucap penyanyi bernama lengkap Rafael Landry Tanubrata ini.

Sampai akhirnya, kehidupan Rafael perlahan membaik setelah konten membuat seblak yang dibuat secara spontan di TikTok booming. Ia tak menyangka video isengnya ditonton lebih dari 29 juta kali.

"Gue iseng, gue videoin terus gue cobain sambil di video juga karena gue mau nyampah di sosial media. Yaudah akhirnya gue posting akhirnya booming," ungkapnya.