Cuitan tersebut dibuat Chef Arnold sebagai bentuk tanggapannya pada akun @evantan yang membongkar latar pekerjaan Kiki dan Belinda. Kiki diketahui memiliki pengalaman sebagai Executive Chef, sementara Belinda memiliki pengalaman sebagai Chef de Partie.

"Kalo udah pro begini memang boleh ta ikutan kompetisi masterchef @MasterChefINA @Portalcoin," tulis akun @evantan.

Tak hanya sekali, dicuitan yang lain, Chef Arnold juga membuat cuitan yang diduga menyindir latar belakang Kiki, “Beda..executive chef dan cdp”, tulis pemilik nama lengkap Arnold Poernomo tersebut. Chef Arnold mengatakan bahwa ada perbedaan antara jabatan Executive Chef dan Chef De Partie. Menurutnya, Executive Chef memiliki jam terbang yang lebih tinggi daripada Chef De Partie.

Chef Arnold tanggapi kontroversi juara MasterChef Indonesia 11 © berbagai sumber

foto: X/@ArnoldPoernomo

"Beda Executive Chef dan CDP. Executive Chef lebih tinggi jam terbangnya dari CDP, itu cuma title dan sesuai pengalaman dan job desc," kata Chef Arnold.

Cuitan Chef Arnold tersebut langsung mengundang sorotan warganet. Banyak yang mempertanyakan sikap para juri dan tim MCI. Salah satu warganet pun mempertanyakan kenapa pihak MCI tidak langsung mendiskualifikasi Kiki jika memang terbukti bahwa runner-up MCI 11 tersebut seorang chef profesional. Sebagai informasi, salah satu persyaratan untuk mengikuti kompetisi masak yang tayang di RCTI ini adalah bukan seorang profesional.

Baru tau setelah dia di final, mau di dis saat final??? Ga lucu,” jawabnya singkat.

Chef Arnold tanggapi kontroversi juara MasterChef Indonesia 11 © berbagai sumber

foto: X/@ArnoldPoernomo

Tak berhenti di situ, tanggapan yang diberikan ayah dua anak tersebut semakin mengundang perhatian. Chef Arnold juga mengakui bahwa tim MasterChef Indonesia kecolongan dalam menyaring kontestan yang berkompetisi di ajang pencarian bakat tersebut. Banyak yang mempertanyakan bagaimana tim MCI melakukan proses seleksi.

"Dalam seleksi walaupun sudah background check, belum tentu semua data itu dijabarkan ke team seleksi mungkin disitu. Anyway nanti tunggu saja hasil ngobrol dengan mereka ber 2 terima kasih," jawabnya.

Pernyataan Chef Arnold tersebut membuat kontroversi MCI 11 semakin memanas. Tak lama setelah pembahasan tersebut, pemilik akun @evantan yang pertama kali membagikan CV Kiki mengaku jika sengaja mencari sensasi demi engagement.


Sy pamitan ga ikutan drama. Tadinya cuma cari sensasi doang biar dapet @Portalcoin engagement,” tulisnya.

Tak hanya itu, sebuah akun base @tanyarfles juga mengungkapkan jika Kiki sudah memberikan tanggapan mengenai CV miliknya yang bocor. Menurut keterangan cuitan tersebut, Kiki mengaku kabar yang beredar adalah hoax. Sementara lewat Instagram Storiesnya, Kiki mengunggah sebuah foto dengan caption yang menginformasikan jika ia merupakan lulusan SMA.

Chef Arnold tanggapi kontroversi juara MasterChef Indonesia 11 © 2023 berbagai sumber

foto: Instagram/@kiki.mci11

Memang cuman lulusan anak smk kok, smk negri lagi, tapi aku BANGGA kok,” tulisnya pada penggalan captionnya.