Brilio.net - Kasus perundungan kerap terjadi di bangku sekolah. Momen yang awalnya hanya untuk bercanda, seringkali kelewat batas dan justru menyakiti orang lain. Nggak hanya bentuk ejekan, kadang justru sampai menyakiti fisik seseorang.

Hal ini juga pernah dialami sederet selebriti Tanah Air. Perundungan berupa kata-kata verbal yang mereka terima, sempat membuat para seleb ini merasa rendah diri. Pasalnya, mereka sampai dikucilkan oleh teman-teman sebayanya.

Tak mau terlalu lama larut dalam kesedihan akibat perundungan yang mereka terima di masa lalu, para seleb ini mampu bangkit dan membuktikan pada diri sendiri dan orang lain dengan kesuksesannya berkarier di dunia entertainment.

Siapa saja mereka? Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Rabu (6/10), cerita seleb ubah ejekan jadi motivasi.

1. Ashanty.

seleb ubah ejekan jadi motivasi © instagram

foto: Instagram/@ashanty_ash

Di balik penampilannya yang menawan saat ini, Ashanty rupanya punya pengalaman buruk di masa lalu. Istri dari Anang Hermansyah itu mengaku sewaktu kecil sering dibandingkan warna kulitnya yang hitam dengan warna kulit orang tuanya yang putih.

"Dulu aku kan sempat jadi korban bully, karena mama dan papa kulitnya putih banget. Padahal aku lahirnya putih tapi pas udah gede suka panas-panasan ampe dikatain 'ih anak siapa beda sama ibuknya'," ucap Ashanty dilansir dari kapanlagi.com.

Kondisi tersebut sempat membuat Ashanty stres. Pasalnya, nggak cuma diejek hitam, ia juga dikatakan seperti 'buntelan lewat' karena memiliki badan yang gemuk.

Seiring waktu, kini Ashanty berhasil membuktikan jika ejekan tersebut tak membuatnya patah semangat. Selain sukses berkarier di dunia entertainment, beberapa waktu lalu Ashanty juga berhasil mengembangkan bisnis membuka klinik kecantikan.

2. Prilly Latuconsina.

seleb ubah ejekan jadi motivasi © instagram

foto: Instagram/@prillylatuconsina96

Memiliki tubuh mungil ternyata membuat Prilly menjadi korban ejekan saat di bangku sekolah. Di usianya yang menginjak remaja kala itu, pemain film Danur ini terbilang tak memiliki banyak teman.

"Aku kalau keluar dari kantin roknya (dibuat) basah disemprot-semprotin pakai air," ungkapnya dilansir dari YouTube Arief Muhammad.

Bentuk fisiknya tersebut bahkan masih menjadi bahan olok-olok dari warganet hingga kini. Ejekan soal fisik sempat membuat Prilly kehilangan rasa percaya diri. Hingga akhirnya, Prilly pun mengubah pola makan dan melakukan perawatan.

Kini, Prilly Latuconsina menjadi salah satu seleb aktris muda Indonesia yang diperhitungkan. Berkat bakat aktingnya yang sukses, membuat Prilly menjadi idola.

3. Citra Scholastika.

seleb ubah ejekan jadi motivasi © instagram

foto: Instagram/@citrascholastika

Citra Scholastika juga pernah memiliki pengalaman buruk saat duduk di bangku sekolah. Saat masih duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP), pelantun lagu Everybody Knew tersebut pernah menerima hinaan berupa kata-kata verbal dari teman-temannya selama tiga tahun.

"Mau share sebagian masa lalu gw. Masa terpuruk gw dalam hidup sejauh ini adalah kelamnya 3th di SMP. Jauh sebelum hidup dalam gemerlap sbg musisi, gw pernah segitu diasingkan dipermalukan dan disiksa secara mental disekolah. 1 hari rasanya kaya dilalui 1 abad lamanya. Krn dulu gw terbilang secara penampilan teramat jauh dr gaul," tulis Citra di Instagram.

Menginjak usia dewasa, pengalaman buruk tersebut dijadikan motivasi oleh Citra. Menjadi pemenang kedua di Indonesian Idol musim keenam, Citra sukses berkarier sebagai musisi dengan suaranya yang khas.

4. Sarwendah.

seleb ubah ejekan jadi motivasi © instagram

foto: Instagram/@sarwendah29

Sarwendah juga menceritakan pengalamannya yang pernah jadi korban ejekan saat bersekolah di luar negeri. Tak hanya mendapat ejekan, istri Ruben Onsu ini juga pernah mengalami kekerasan fisik dari teman-temannya.

"Dulu saya sekolah diluar negeri dan saya pernah menjadi anak yg di Bully dipukulin sama teman-teman saya sambil di videoin dan yang mirisnya lagi saya justru diBully oleh teman-teman dari negara saya sendiri dan kejadian itu sempat membuat saya trauma dan sayangnya tindakan dari sekolah waktu itu juga tidak kuat kepada para pelaku," tulis Sarwendah pada akun Instagram-nya.

Terus memperbaiki diri dan menguatkan mental, Sarwendah kini menjadi salah satu publik figur yang memiliki banyak penggemar. Selain karena kesederhanaannya, Sarwendah juga menjadi bukti kesuksesannya berperan trio sebagai ibu, istri, dan wanita karier.

5. Amanda Rawles.

seleb ubah ejekan jadi motivasi © instagram

foto: Instagram/@amandarawles

Amanda Rawles nggak lepas dari perundungan saat masih duduk di bangku sekolah. Pemain film Dear Nathan ini kerap menerima bullying jenis verbal dari teman-temannya. Meskipun mengaku sudah melupakan pengalaman tersebut, namun perilaku buruk dari teman-temannya masih membekas di ingatan.

"Iya betul (pernah dibully). Aku dulu pernah mengalami di sekolah makanya itu yang bikin aku agak flashback pas syuting film ini. Yang aku alami dulu nggak separah dan sesadis di film ini. Ya tetep bullying seperti dari verbal dikatain bule kw gitu-gitu. Tapi kalau fisik nggak terlalu, meski kadang kata-kata suka lebih nusuk, sih," tutur Amanda Rawles dilansir dari fimela.com.

Amanda pun menjadikan pengalaman buruknya tersebut sebagai motivasi untuk membuktikan diri.

"Aku jadiin itu motivasi untuk aku berkembang dan buktiin ke mereka yang ngebully aku you'll regret this. Jadi menurut aku bullying itu jadi motivasi buat aku," ujarnya.

6. Millane Fernandez.

seleb ubah ejekan jadi motivasi © instagram

foto: Instagram/@millanefernandez

Mengawali kariernya sebagai penyanyi di usia 14 tahun, nama Millane Fernandez mulai dikenal di Jerman. Namun sayang, ketenaran Millane tersebut justru membuat dirinya menjadi bahan ejekan dari teman-teman sekolahnya.

Selain mendapat ejekan, Millane pernah dijahili teman-temannya dengan menempelkan permen karet di rambut yang membuatnya harus rela memotong pendek rambutnya. Belum cukup sampai di situ, bahkan ia ditendang teman-temannya sampai mengalami patah tulang rusuk.

Tak ingin larut dengan kondisi tersebut, Millane pun terus bangkit. Sebagai aktris dan juga penyanyi, ia membuktikan sukses berkarier di Indonesia.

7. Tatjana Saphira.

seleb ubah ejekan jadi motivasi © instagram

foto: Instagram/@tatjanasaphira

Saat masih duduk di bangku sekolah, Tatjana Saphira pernah menjadi ejekan teman-teman sekolahnya lantaran namanya yang dianggap aneh. Kata-kata hinaan tersebut sempat membuat Tatjana sering menangis dan bertanya ke orangtuanya mengapa ia diberi nama demikian.

Namun ia berhasil membuktikan kesuksesannya di masa kini. Pada tahun 2017, Tatjana mendapatkan nominasi dalam kategori Pemeran Utama Wanita Terbaik pada ajang Festival Film Indonesia 2017 untuk perannya sebagai Mieke (Fatmawati muda) di film Sweet 20.

-

INFOGRAFIS KISAH SELEB PERNAH KENA PERUNDUNGAN © 2021 brilio.net

INFOGRAFIS KISAH SELEB PERNAH KENA PERUNDUNGAN
© 2021 brilio.net/Bayu Kurniawan