Brilio.net - Grup musik Dewa 19 merupakan salah satu grup band legendaris di Indonesia. Band kawakan Ahmad Dhani ini dikenal dengan lagu-lagu tentang cinta yang hits dan populer di masyarakat. Namun belakangan grup musik tersebut menjadi sorotan publik usai Dhani melarang Once Mekel membawakan lagu-lagu milik Dewa 19.

Hal tersebut lantaran grup musik Dewa 19 akan mengadakan tur konser setelah lebaran sehingga tidak boleh ada konser lain yang mengganggu jalannya tur. Selain itu, Dhani juga ingin menjaga kemurnian konser Dewa 19 dan kenyamanan para baladewa.

Melalui kuasa hukumnya, Dhani mengungkapkan ancaman hukuman pidana yang bisa menjerat Once Mekel jika kedapatan menyanyikan lagu Dewa 19 selama tur berlangsung. Menurut kuasa hukum Dhani, Once dapat terancam hukuman pidana maksimal empat tahun penjara.

Melihat hal tersebut, Once Mekel pun akhirnya buka suara terkait permasalahannya dengan Ahmad Dhani. Menurut Oncea, dia selalu membuat ketentuan dalam kontrak dengan pihak penyelenggara festival musik mengenai tanggung jawab pembayaran royalti ke lembaga terkait.

foto: YouTube/Liputan6

"Jadi gini supaya lebih jelas siapa yang bertanggung jawab, saya selalu membuat ketentuan dalam kontrak bahwa penyelenggara lah yang harus menyetor royalti tersebut kepada Lembaga Manajemen Kolektif Nasional supaya persoalan hak cipta ini tidak menjadi isu ya. Jadi dalam kontrak-kontrak saya selalu ada," tutur Once yang dikutip brilio.net dari YouTube Liputan6 pada Rabu (12/4).

Once juga menyebut jika persoalan ini memiliki imbas terhadap penampilannya ke depannya. Dia meminta kepada publik agar mencari sumber informasi dengan jelas sehingga tidak terjebak dengan informasi yang salah.

"Dalam waktu dekat saya akan jawab. Yang jelas ada sedikit banyak imbasnya ke saya. Kalau di luar sana publik merasa memiliki informasi yang benar padahal salah tentang saya kan saya jadi rugi. Citra saya jadi buruk," sambungnya.

Dalam video tersebut, Once juga membeberkan awal kariernya di industri musik Tanah Air. Rupanya, dia memiliki pekerjaan mentereng sebelum bergabung dengan Dewa 19. Once diketahui pernah bekerja sebagai pegawai kantoran dengan gaji yang terbilang tinggi.