Teknik yang digunakan oleh Putri Ariani ini sebetulnya sudah umum dilakukan oleh teman-teman yang juga memiliki keterbatasan penglihatan. Putri membaca komentar-komentar dari netizen dengan bantuan aplikasi khusus bernama TalkBack.

Aplikasi inilah yang memungkinkan Putri bisa mendengarkan teks yang ditampilkan di layar. Diketahui, TalkBack adalah pembaca layar Google yang disertakan di perangkat Android. TalkBack memberi kontrol atas perangkat tanpa perlu melihatnya.

cara keren Putri Ariani balas komentar Berbagai sumber

foto: TikTok/@dpctenayan

TalkBack adalah fitur khusus untuk penyandang tunanetra yang dapat membantu mereka mengoperasikan HP Android dengan suara. Fitur ini memungkinkan pengguna disabilitas memakai ponsel tanpa melihat langsung ke layar.

Salah satu fitur baru yang disediakan TalkBack sudah disertakan dengan keyboard braille. Dengan begitu, pengguna dapat menggunakan 6 jari di layar untuk memasukkan huruf braille 6 titik.

Terlihat dalam video, Putri dapat mengetik dengan jari-jarinya yang lincah. Tak jarang, dirinya menyisipkan emotikon-emotikon lucu ketika merespons komentar-komentar tersebut. Jemari Putri sangat terampil dalam mengetik dengan cepat.

cara keren Putri Ariani balas komentar Berbagai sumber

foto: TikTok/@dpctenayan

Video yang sudah ditonton 7,5 juta kali ini kembali menuai pujian warganet.

"Masyaallah, memang tuhan itu adil ya walaupun putri tidak bisa melihat tapi dia bisa melakukan semua sendiri. Terus semangat Putri, sukses dunia akhirat ya," tulis pemilik akun @susi55560.

"Keren kakak Putri. Kamu nggak punya kekurangan, malah kamu punya kelebihan," ujar akun @dinara.rizqiya.

"Dia melihat dengan mata hatinya," timpal akun @wawansetiawan4310.

"Kagum sekali saya melihatnya. Semoga sehat selalu ya dik," kata akun @dedehajalah.

@dpctenayan Membalas @fypbl_ Jadi selama Ini putri Sendiri yang balasin komentar teman², Beginilah Cara Putri Ariani Membalas Komentar Teman² dimedia sosialnya.... . . . . . #putriariani #americagottalent #americasgottalent #agt #goldenbuzzer #ariani #indonesia #riau #jogja #bangkinang #simoncowell #fyp #fyp #pkspembelarakyat original sound - America’s Got Talent