1. Eko Patrio.

Syukuran khitanan anak artis ini kental dengan adat budaya © 2023 brilio.net

foto: kapanlagi.com

Tahun 2016 lalu, komedian Eko Patrio menggelar pesta syukuran sunat anak bungsunya yang bernama Cannavaro Adrevi Putra Purnomo. Ia pun mengusung konsep Betawi Day. Tak heran jika gelaran acaranya kental sekali dengan adat Betawi, seperti iringan ondel-ondel, kudu hias, sampai musik tanjidor. Selain Eko dan keluarga yang mengenakan baju adat, para among tamu yang merupakan artis tanah air seperti Ayu Ting Ting, Nagita Slavina, Luna Maya, Sarwendah hingga almarhum Jupe pun turut tampil pakai kebaya. Bahkan acara ini sampai dihadiri mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, lho.

2. Sule.

Syukuran khitanan anak artis ini kental dengan adat budaya © 2023 brilio.net

foto: YouTube/NET Family

Selain Eko Patrio, pelawak Sule juga pernah menyelenggarakan acara khitanan yang mewah. Kala itu adalah syukuran sunat anaknya yang bernama Rizwan Adriansyach Sutisna. Sule memilih Hotel Horison, Bekasi sebagai lokasi acara. Kendati begitu, helatan acaranya tetap kental dengan adat Sunda. Acara dimeriahkan dengan lenggak lenggok para penar sunda. Ia dan keluarga tampak mengenakan baju adat sunda bak resepsi. Sule juga mengundang anak-anak panti asuhan sebagai tamu undangan.

3. Charly ST12.

Syukuran khitanan anak artis ini kental dengan adat budaya © 2023 brilio.net

foto: YouTube/Apa Aja Boleh

Vokalis band ST12 Charly Van Houten pun juga pernah mengadakan pesta besar-besaran untuk sang anak yang bernama Restu Gibran. Sebelum berangkat ke lokasi khitanan di Istana Kana Kawaluyan, Bandung, Charly sekeluarga tampak diantar oleh iring-iringan mobil polisi. Sesampainya di lokasi, sang anak lalu diarak dengan sisingaan khas Sunda, tak ketinggalan, Restu juga diarak naik di atas Buraq khas adat Cirebon. Kemeriahan acara begitu terasa bak karnaval. Restu terlihat seperti raja sehari, sementara Charly dan istri mengaku baru bisa duduk di kursi pelaminan di acara sunat sang anak tersebut mengingat dulu pernikahannya digelar sederhana.

4. Maudy Koesnaedi.

Syukuran khitanan anak artis ini kental dengan adat budaya © 2023 brilio.net

foto: Instagram/@maudykoesnaedi

Tahun 2017, Maudy Koesnaedi melaksanakan acara sunat anaknya yang berparas blasteran bernama Eddy Maliq Meijer. Ia dan suami bulenya asal Belanda sepakat menggelar acara dengan adat Betawi. Ratu sinetron 90 an ini tampak anggun mengenakan kebaya encim. Seluruh acara digelar dengan prosesi adat Betawi. Ia dan keluarga juga terlihat mengiringi sang anak melakukan arak-arakan dengan delman.