Brilio.net - Ajang tahunan Miss Universe 2019 baru saja rampung dilaksanakan di Tyler Perry Studios, Georgia, Atlanta, Amerika Serikat, pada Minggu (8/12) waktu setempat. Indonesia ikut berpartisipasi dalam ajang tersebut dengan diwakili oleh Frederika Alexis Cull, Puteri Indonesia 2019. Namun sayang, Frederika harus berhenti di babak 10 besar. Meski begitu raihannnya tetap menjadi kebanggaan Indonesia.

Hal yang paling dinanti dalam ajang ini adalah pengumuman pemenang. Sebelumnya sudah disebutkan tiga finalis dari tiga negara yang masuk babak akhir Miss Universe 2019, yakni Sofía Aragón (Meksiko), Zozibini Tunzi (Afrika Serikat), serta Madison Anderson (Puerto Riko).

Saat yang dinanti pun tiba, saat pembawa acara Steve Harvey mengumumkan para pemenang. Sofia Aragón dari Meksiko meraih penghargaan untuk runner-up kedua. Selanjutnya mengumumkan siapa yang berhak membawa pulang mahkota Miss Universe 2019.

Tahun ini menjadi yang cukup membanggakan bagi masyarakat Afrika. Zozibini Tunzi dari Afrika Selatan keluar sebagai peraih mahkota bergengsi tersebut. Kebahagian pun turut diraskaan oleh pendukungnya. Detik-detik kebahagian tersebut terekam jelas dan diunggah oleh akun Twitter Miss Universe.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

2 dari 4 halaman

Kemenangan Tunzi disambut meriah dan menjadi trending di lini masa. Kini sosok wanita ini sedang disoroti publik dunia. Tak sedikit yang kagum dan merasa penasaran dengan soso Zozibini Tunzi. Berikut fakta Zozibini Tunzi pemenang Miss Universe yang dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Senin (9/12).

1. Zozibini Tunzi merupakan wanita ketiga dari Afrika Selatan yang sukses menggondol gelar Miss Universe. 

foto: Instagram/@zozitunzi

Bukan kali pertama Afrika Selatan berhasil meraih mahkota Miss Universe. Pada 1978, Margaret Gardiner menjadi pemenang Miss Universe. Kemudian pada 2017, Demi-Leigh Nel-Peters dari Afrika Selatan juga berhasil membawa pulang mahkota Miss Universe. Zozibini Tunzi kembali membuat bangga Afrika Selatan.

2. Berprofesi sebagai model.

foto: Instagram/@zozitunzi

Sebelum dirinya dikenal sebagai Miss Universe, Zozibini Tunzi merupakan seorang model. Hal ini bisa dilihat dari Instagram pribadinya, potretnya ketika menjadi model begitu luar biasa. Ia dikenal dengan model berambut pendek.

3 dari 4 halaman

3. Meraih mahkota Miss South Africa 2019.

foto: Instagram/@zozitunzi

Sebelum menjadi Miss Universe 2019, Zozibini Tunzi sebelumnya menyandang gelar Miss South Africa 2019.

4. Meraih gelar sarjana dalam bidang hubungan masyarakat.

foto: Instagram/@zozitunzi

Zozibini lahir di Tsolo, Eastern Cape, Afrika Selatan pada 18 September 1993. Ia memutuskan pindah ke Cape Town dan menetap di pinggran Gardens untuk menuntut ilmu di Cape Peninsula University of Technology. Zozibini berhasil lulus dengan gelar sarjana dalam bidang hubungan masyarakat dan image management pada 2018.

5. Perjuangan yang cukup panjang harus dilalui Zozibini untuk meraih kesuksesan di Miss Universe 2019.

foto: Instagram/@zozitunzi

Ia memulai karier di kontes kecantikan pada 2017. Ketika itu, ia diterima salah satu dari 26 finals teratas Miss Afrika Selatan 2017 meski tak terpilih sebagai salah satu dari 12 finalis. Semangatnya tak berhenti sampai disitu saja, ia kembali mengikuti kontes kecantikan yakni Miss South Africa 2019. Saat tahap awal, ia terpilih dan melajutkan langkah yang menjadi salah satu dari 35 semifinalis teratas.

Zozibini Tunzi kemudian diumumkan menjadi salah satu dari 16 finalis pada 11 Juli lalu. Setelah terpilih, ia lantas berkompetisi di Miss Afrika Selatan 2019 di Pretoria pada 9 Agustus. Hingga akhirnya ia behasil menjadi Miss Universe 2019.

4 dari 4 halaman

6. Peduli isu lingkungan dan keseteraan.

foto: Instagram/@zozitunzi

Zozibini Tunzi yang sempat bekerja di perusahaan agensi Ogilvy yang berbasis di New York juga dikenal dengan aksinya dalam menyuarakan isu lingkungan, pendidikan dan kesetaraan.

7. Jawaban tentang hal penting yang diperlu diberikan untuk para perempuan muda saat ini mengantarkannya menjadi juara.

foto: Instagram/@zozitunzi

Menurutnya hal terpenting yang bisa kita ajarkan kepada para perempuan muda saat ini adalah kepemimpinan. Kepemimpinan adalah sesuatu yang telah lama hilang dalam diri para wanita muda dan wanita

"Bukan karena tidak ingin, tetapi karena apa yang telah dicap oleh masyarakat pada wanita. Aku pikir kita adalah makhluk paling kuat di dunia. Kita harus diberi setiap kesempatan. Dan itulah yang seharusnya kita ajarkan kepada gadis-gadis muda ini. Tidak ada yang lebih penting daripada mengambil peran di masyarakat,".

8. Mengajak semua orang untuk melihat kecantikan bukan hanya dari penampilan.

foto: Instagram/@zozitunzi

Tunzi mengajak semua orang terutama anak-anak tidak lagi mempersoalkan kecantikan dari penampilan semata. "Aku tumbuh di dunia dengan para perempuan yang sama sepertiku dan jenis rambut serta kulitku tidak pernah dianggap cantik," jelas Miss Afrika Selatan 2019 itu dikutip dari Antara.

(brl/lea)