Brilio.net - Asi merupakan asupan yang baik bagi anak. Namun anak tidak bisa minum asi terus menerus. Ketika usianya menginjak 2 tahun, ia harus berhenti minum asi atau istilah lainnya disapih.

Menyapih anak bukanlah hal mudah. Pasalnya anak yang menyusu pada ibu bukan hanya sekadar mencari asupan nutrisi, namun juga zona nyaman bagi anak. Oleh karena itu, membiasakan anak untuk tidak menyusu perlu perjuangan.

Masa menyapih ialah masa yang emosional. Anak akan kehilangan zona nyamannya, sementara ada perasaan tidak tega dari sang ibu. Namun menyapih harus tetap dilakukan karena menyusu lebih dari 2 tahun punya risiko.

Dilansir brilio.net dari hallosehat.com, jurnal Annals of Epidemiology tahun 2014 menemukan bahwa menyusu di atas 2 tahun meningkatkan risiko kerusakan gigi.

Artis Tanah Air seperti Chelsea Olivia mulai menyapih anaknya. Natusha Olivia menginjak sudah berusia 2 tahun. Selama menyapih Natusha, istri Glenn Alinskie ini membagikan tips menyapih bayi. Berikut tipsnya dilansir brilio.net dari Instagram @chelseaoliviaa, Rabu (29/8).

Loading...

1. Memberi tahu Natusha bahwa ia akan disapih.

menyapih natusha © Instagram/@chelseaoliviaa

"Saya dr 1.5th sudah sering ngomong ke nastusha Nastusha sebentar lagi ulangtahun ke 2.. setelah 2 tahun udh ga butuh nenen mami lagi yahh.. kita minum susu di gelas (selalu kasi tau yg jujur, bukan membohongi anak)", tulis Chealse Olivia.

2. Memberi tahu seluruh keluarga bahwa Natusha disapih.

menyapih natusha © Instagram/@chelseaoliviaa

"Saya sudah sounding ke seluruh keluarga di rumah jika Nastusha sedang disapih,jadi dia butuh support dari kita semua," tulis Chealse Olivia.

3. Persiapan fisik dan support suami.

menyapih natusha © Instagram/@chelseaoliviaa

"Persiapan fisik Ibunya dan juga support dari suami!! di hari ke 2 dan 3 saya sempet sedih bngt (menjelang depresi,baca di google kalo ibu menyapih bisa depresi karna ada hormon yg sedang berubah) dan saya bilang ke Glenn kalo saya mau menyusui lagi aja.. tp dia support saya dan bilang 'kasian aku dan nastusha udh 2-3 malam berlalu,kalo dikasi lagi kalian harus mengulang dari awal.. dan dengan disapih nastusha makan lebih lahap karna mungkin perutnya ga penuh dengan susu'," tulis Chealse Olivia.

4. Tidak mewarnai puting untuk menyapih.

menyapih natusha © Instagram/@chelseaoliviaa

"Saya tidak memakai cara mewarnai puting dengan lipstick,dikasi pahit2,pura2 sakit,dititipkan ke opa/oma(karna menurut saya menyapih harus nyaman dan tdk boleh ada tekanan buat anak,walaupun tiap ibu pasti ada keputusan lain2 yaa.. ini menurutku)", tulis Chelsea Olivia.

5. Pastikan anak kenyang sebelum tidur.

menyapih natusha © Instagram/@chelseaoliviaa

"Sebelum tidur adalah saatnya Drama dimulai jadi pastikan anak kenyang banget sebelum tidur dan juga siapkan minuman (saya kasi air putih)," tulis Chelsea Olivia.

6. Quality time dengan anak adalah kunci.

menyapih natusha © Instagram/@chelseaoliviaa

"Perbanyak quality time antara ibu & anak (peluk,cium,gendong) biar anak tidak merasa di tinggalkan & ditolak ibunya," tulis Chelsea Olivia.

7. Memompa produksi asi agar payudara tidak sakit.

menyapih natusha © Instagram/@chelseaoliviaa

"Saya tidak memakai obat untuk menghentikan asi saya.Saya menggunakan prinsip Asi pada umumnya, kalo mau meningkatkan asi kan harus 2jam sekali dikosongkan PD, Nah berarti ini sebaliknya (tp jangan ngak sama sekali dikeluarkan kalo PD sudah bengkak,nanti malah mampet dan mastitis) jadi di hari pertama bisanya nastusha nenen 10x ini saya pompa hanya 2x dan durasi hanya 7 menit aja (jadi PD ga kosong,itupun kalo sudah bengkak br pompa) di hari ke 3-4 saya pompa hanya 1x durasi 5 menit lalu saya skip 2 hari tdk pompa sama sekali,dan di hari ke 7 karna mulai bengkak saya pompa 5 menit sampai selanjutnya terus berkurang dan akhirnya Asinya habiss. Kalo dulu pas awal2 ingin meningkatkan asi kompres air hangat supaya Asi lancar,yg ini untk menghentikan pembengkakan saya kompres dengan air es (jadi di balik)," tulis Chelsea Olivia.