1. Edwin Manansang

artis jadi staf mentri © 2023 brilio.net

foto: Instagram/@edwin_manansang_

Pemilik nama lengkap Rizal Edwin Manansang ini merupakan salah satu personel Trio Libels. Grup musik papan atas ini sempat populer di era 80-an hingga 90-an. Kini grup musik itu telah lama bubar dan pria bergelar doktor ini pun memilih untuk fokus menjadi PNS di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian sejak 2003. Ia kini menjabat sebagai Asisten Deputi Kerjasama Ekonomi Multilateral dan Pembiayaan.

2. Shirley Malinton

artis jadi staf mentri © 2023 brilio.net

foto: Instagram/@shirleymalintoreal

Shirley Malinton dikenal sebagai salah satu aktor senior Tanah Air. Ia telah memerankan puluhan film di antaranya Warkop DKI. Namun di tahun 1989, ia memutuskan mundur dari dunia hiburan usai diangkat menjadi ASN di Kementerian Luar Negeri RI. Di tahun 1993-1997, ia ditugaskan di Kedutaan Besar RI di Roma sebagai Staf Bidang Politik. Mulai tahun 2000-an Shirley menjadi Konsulat Jenderal RI di Toronto, Kanada dan selanjutnya di Chicago. Wanita 60 tahun ini kini sudah pensiun dari PNS. "kangen kerja di kantor," tulis Shirley di suatu postingan.

3. Tina Talisa

artis jadi staf mentri © 2023 brilio.net

foto: Instagram/@tina_talisa

Mantan finalis Puteri Indonesia 2003 ini dikenal sebagai pembawa acara berita andalan TV One. Namun di tahun 2014 ia memilih mundur dan mulai terjun ke politik. Sejak Maret 2021 lulusan Kedokteran Gigi ini resmi tergabung menjadi salah satu dari 5 staf khusus di kementerian Investasi. Ia didapuk menjadi Staf Khusus & Juru Bicara Menteri Investasi/Kepala BKPM. 

4. Fryda Lucyana

artis jadi staf mentri © 2023 brilio.net

foto: Instagram/@frydalucyana

Fryda Lucyana dikenal sebagai penyanyi lawas yang kini terjun menjadi PNS. Pelantun lagu Segala Rasa Cinta serta Rindu, yang dipopulerkan kembali oleh Agnez Mo ini telah menghilang dari dunia tarik suara. 

Fryda sempat mengenyam pendidikan di Australia hingga meraih gelar master hukum dari Monash University Australia. Saat kembali ke Indonesia, ia diangkat menjadi PNS di Kementerian Sekretariat Negara. Ia memiliki jabatan Eselon II sebagai Asisten deputi Dokumentasi dan Diseminasi Informasi pada Kementerian Sekretariat Negara.