Brilio.net - Hingga saat ini, masyarakat yang terinfeksi Covid-19 terus bertambah. Bahkan pada tahun 2021, banyak seleb yang mengumumkan dirinya terpapar virus ini melalui unggahan di media sosial. Terkini, presenter Uya Kuya.

Kabar tersebut disampaikan oleh Uya Kuya melalui unggahan di YouTube channelnya. Kondisi ini tentu membuat Uya Kuya sempat syok dan tak menyangka.

Bersama sang istri, Astrid Kuya, keduanya tak kuasa menahan tangis saat menceritakan pengalaman terberat dalam hidup mereka. Uya bahkan harus berjuang antara hidup dan mati untuk bisa sembuh.

"Ada kejadian yang sangat besar, mengerikan, menyeramkan bagi keluarga kita. Kita kena musibah, kena cobaan, yang di mana cobaan itu kita, saya khususnya berjuang antara hidup atau mati," terang Uya.

Nah, penasaran seperti apa cerita perjuangan Uya Kuya sembuh dari Covid-19? Berikut Brilio.net rangkum dari YouTube Uya Kuya TV, Senin (15/2).

Loading...

1. Alami demam tinggi.

perjuangan uya kuya sembuh covid © YouTube

foto: YouTube/Uya Kuya TV

Sempat vakum dari media sosial selama sebulan, rupanya keluarga Uya Kuya dinyatakan positif terpapar virus Corona. Sebelumnya, presenter 45 tahun ini mengalami demam tinggi hingga kondisi tersebut membuat ia khawatir dan langsung melakukan tes swab. Mengetahui hasil yang keluar positif, Uya kemudian bergegas ke rumah sakit untuk cek paru-paru.

Uya benar-benar tak menyangka bila ia bersama keluarganya bisa mengalami kondisi tersebut. Pasalnya, selama ini ia selalu menjalani protokol kesehatan. Bahkan, Uya bersama dengan keluarga dan semua pegawainya rajin melakukan swab setiap minggunya.

"Tanggal 10 Januari kemarin, saya mengalami demam, nggak enak badan. Nggak tahu kenapa saya berpikir kena Covid-19 nih. Saya bilang Astrid, katanya 'Ah nggak ah'. Akhirnya saya memutuskan untuk nggak syuting. Abis itu kita swab besoknya, keluar hasil kita berdua positif," jelas ayah dua anak ini.

"Kita ke rumah sakit untuk mengecek CT scan sama ke dokter paru, periksa darah. CT scan saya aman parunya pada saat itu, tapi demam saya terus naik hampir 40," sambungnya.

2. Sempat tak sadarkan diri.

perjuangan uya kuya sembuh covid © YouTube

foto: YouTube/Uya Kuya TV

Kemudian, sang istri, Astrid bercerita kala itu melihat Uya dalam kondisi yang memilukan. Uya bahkan hingga terjatuh dan tak sadarkan diri. Tentu kondisi itu membuatnya sedih hingga tak kuasa menahan air matanya.

"Aku lihat Mas Uya lagi tidur enak. Pas nyariin aku, tiba-tiba dia keluar kamar, tiba-tiba dia jatuh sampai teriak-teriak. Aku keluar dari kamar mandi, aku pegang tangan kamu, kamu ngelihatin aku terus kayak matanya ke atas, pucat terus jatuh. Aku udah nangis. Alhamdulillah matanya kebuka. Aku cek (suhu tubuhnya) 39 sekian. Saat itu juga telepon dokter," jelas Astrid.

3. Harus dirujuk rumah sakit.

perjuangan uya kuya sembuh covid © YouTube

foto: YouTube/Uya Kuya TV

Keesokan harinya, Uya lantas dicek oleh dokter yang mendatangi apartemennya. Namun ternyata, karena kondisinya yang terus menurun, suami dari Astrid ini harus dirujuk ke rumah sakit dan menjalani rawat inap agar kembali pulih.

"Dokter datang besok, itu dokter bersama timnya pakai APD semua, tiga orang. Sampai gue diinfus di apartemen. Tapi saat itu, saturasi oksigen terus menurun di bawah 90. Akhirnya dokter bilang ini harus di rumah sakit. Dan dokter bilang 'Saya sendiri takut kalau mas Uya di rumah'," kenang Uya.

4. Rumah sakit penuh.

perjuangan uya kuya sembuh covid © YouTube

foto: YouTube/Uya Kuya TV

Setelah kejadian tersebut, pasangan yang menikah pada 2003 lalu ini berusaha untuk menelepon rumah sakit guna perawatan lebih lanjut. Namun sayang, beberapa rumah sakit penuh. Hingga akhirnya, Uya berhasil menemukan rumah sakit yang kosong setelah mendapatkan bantuan dari rekannya.

"Itu kita nelponin rumah sakit, rumah sakit yang kita punya kenal aja, kita nggak dapat. Kita nggak bisa masuk rumah sakit. Bingung nggak dapat rumah sakit, akhirnya kita ada di teman kita menolong kita, kita masuk rumah sakit dan di situ kita masuk alhamdulillah langsung dapat kamar," jelasnya.

5. Di rumah sakit selama seminggu.

perjuangan uya kuya sembuh covid © YouTube

foto: YouTube/Uya Kuya TV

Uya menyebut, jika selama menjalani perawatan di rumah sakit, ia tidak mengingat apa pun. Ayah dari Cinta Kuya ini pun mengalami linglung dan bingung. Ia juga menambahkan sering mengalami mual dan muntah.

"Kejadian gue masuk rumah sakit udah nggak inget tuh. Sampai sudah membaik, gue sadar enakan, gua nanya sama Astrid 'Di rumah sakit ini baru dua hari ya?'. Kata Astrid udah lima atau enam hari. Gua ingetnya baru sampai satu atau dua hari. Jadi benar-benar lupa, dan itu menyerang maag gue, jadi gue muntah," cerita Uya.

6. Sang istri juga dirawat di rumah sakit.

perjuangan uya kuya sembuh covid © YouTube

foto: YouTube/Uya Kuya TV

Astrid pun ikut menginap di rumah sakit untuk menjalani perawatan, kendati dinyatakan positif Covid-19 tanpa gejala. Namun demikian, selama di rumah sakit, ia tidak bisa tidur dengan pulas. Pasalnya, saturasi oksigen Uya terus turun sampai harus menggunakan alat bantu pernapasan.

"Karena kebetulan aku juga kena, jadi dokter menyarankan untuk dirawat juga 'mbak Astri sama mas Uya jadi bisa berdua. Bisa saling jaga, karena sama-sama Covid-19'. Itu dia (Uya) dipasang oksigen. Setiap kali dia turun itu bunyinya tut tut tut... dua malem nggak pernah bisa tidur," ungkap Astrid.

7. Sang anak positif Covid-19.

perjuangan uya kuya sembuh covid © YouTube

foto: YouTube/Uya Kuya TV

Setelah kondisinya membaik, pemilik nama lengkap Surya Utama itu mendapat kabar bahwa putranya, Nino juga terinfeksi Covid-19. Hal tersebut membuat Uya kembali drop.

"Bisa enak baikan, dengar kabar Nino demam. Gue langsung feeling, ini kena. Dan ternyata benar, Nino positif. Lalu kemudian, Cinta tinggal sendiri, Nino jalani isolasi mandiri," tambahnya.

Beruntungnya, ia dan keluarganya kini sudah dinyatakan sembuh dan dapat berkumpul kembali. Pengalaman kurang menyenangkan ini membuat Uya mengingatkan kepada masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan.