Brilio.net - Salah satu musisi besar Tanah Air, Dian Pramana Putra telah tiada. Dian meninggal di usia 57 tahun setelah menderita penyakit kanker darah stadium 4. Dian menghembuskan nafas terakhir di kediamannya di kawasan Tebet Barat, Jakarta Selatan.

Dikutip dari antaranews, Jumat (28/12), sahabatnya sekaligus rekan duet dalam duo grup 2D, Deddy Dhukun, mengatakan sahabatnya itu meninggal di rumah setelah sempat dirawat di rumah sakit. "Tadi dia minta pulang ke rumah. Harusnya enggak boleh pulang kan, masih diinfus (tapi) dia minta pulang. Akhirnya keluarganya mengiyakan dia pulang. Sampai rumah jam 08.00 WIB lewat meninggal. Ternyata dia memang jalannya begitu," kata Deddy saat dihubungi via saluran telepon.

Dian Pramana Putra atau yang akrab disapa Dian PP merupakan musisi senior Tanah Air. Dari tangan dinginnya, sudah banyak karya lagu yang ia ciptakan. Banyak juga karya yang ia buat telah dinyanyikan oleh penyanyi hits Tanah Air. Seperti lagu Buat Kekasihku yang sempat dinyanyikan oleh Ruth Sahanaya, Haruskah pernah dinyanyikan oleh almarhum Chrisye, dan Aku Ini Punya Siapa pernah dibawakan oleh January Christy.

Nah, apa saja lagu yang hits dan fenomenal dari Dian Pramana yang bisa dikenang sepanjang masa? Berikut sudah brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Sabtu (29/12).

1. Biru.

Loading...

Lagu ini ditulis langsung oleh Dhukun dan dirilis pada 1988. Lagu ini berkisah mengenai seseorang yang berhasil menemukan cinta sejatinya. Lagu Biru sempat Dian nyanyikan saat solo dan juga duet bersama Dhukun. Biru kembali hits setelah dipopulerkan kembali oleh Vina Panduwinata dan Afgan.  

2. Masih Ada.

Lagu ini dirilis pada 1989. Lagu ini dibawakan langsung oleh Dian Pramana Poetra dan Deddy Dhukun. Lagu ini mengisahkan kerinduan seseorang kepada kekasihnya. Dia berusaha untuk selalu berjuang agar tidak bisa terpisahkan. Lagu ini seakan bisa menghinoptis para pendengarnya.

3. Kau Seputih Melati.

Lagu ini dirilis pada tahun 1986. Lagu ini berkisah mengenai besarnya cinta untuk sang kekasih layaknya melati putih. Lagu ini kembali populer setelah dinyanyikan Dian kembali bersama Sammy Simorangkir pada 2014.

4. Semua Jadi Satu.

Lagu ini mulai hits di kalangan masyarakat tahun 90an. Lagu Semua Jadi Satu menggambarkan semua kejadian yang dialami ketika sepasang kekasih sedang jatuh cinta. Ada tawa, sedih, marah, tangis, rindu, hingga benci. Lagu ini memiliki nada yang lebih powerful. Lagu ini kembali populer setelah dinyanyikan oleh Ruth Sahanaya dan 3 Diva.

5. Keraguan.

Lagu ini dirilis 1987. Lagu ini menceritakan kisah seorang kekasih yang akan setia sehidup semati kepada orang yang ia cintai. Lagu ini berhasil sampai kepada penggemar musik, dengan lirik dan makna yang menyentuh. Tak hanya dinyanyikan 2D (Dian dan Dhukun), lagu ini juga diproduseri langsung oleh mereka.

6. Dunia Akhirat.

Lagu ini merupakan salah satu lagu yang Dian ciptakan dalam menunjukkan cinta Islam melalui lagu. Lagu ini merupakan renungan dan pelajaran kehidupan yang hanya sementara. Selain lagu Dunia Akhirat, Dian juga telah menciptakan lagu-lagu islami lainnya. Seperti lagu Syahadat, Minal Aidin Wal Faidzin, Savana, Tiada Tuhan Selain Allah, dan Azza Wa Jalla.

7. Melayang.

Lagu ini dipopulerkan oleh January Christy pada era 1980 bergenre jazz. Lagu ini berkisah mengenai keprihatinan Dian terhadap para pecandu narkoba. Dalam beberapa wawancara kepada awak media, Dian tak jarang menyinggung soal narkoba dan keprihatinannya pada para pecandu.