Brilio.net - Kesehatan menjadi hal yang sangat berharga bagi kehidupan manusia. Oleh karenanya, setiap orang diharapkan harus mampu menjaga kesehatan tubuh seiring pertambahan usia. Bukan tanpa alasan, sebab umur yang semakin tua tentu penyakit berbahaya kerap mengintai. Sebut saja salah satunya adalah stroke.

Penyakit berbahaya ini biasanya langsung menyerang otak. Sehingga membuat jaringan otak susah mendapatkan oksigen dan nutrisi. Hal ini pun membuat sel-sel otak mulai mati dalam beberapa menit. Nggak salah jika penderita stroke kadang menderita kelumpuhan. Kondisi ini pula yang dialami oleh sederet selebriti Tanah Air.

Beberapa dari mereka pun hingga tak sanggup untuk berjalan. Meski begitu, tak lantas membuat semangatnya untuk sembuh pudar begitu saja. Di antara mereka pun berhasil pulih dan dapat menjalankan aktivitas seperti sedia kala. Siapa saja mereka?

Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber mengenai seleb yang terserang penyakit stroke pada Kamis (13/8).

1. El Ibnu vokalis Elkasih.

Loading...

Seleb terserang penyakit stroke © 2020 Instagram

foto: Instagram/@elibnu999

Kehidupan El Ibnu vokalis Elkasih berubah sejak berada di Maroko pada awal 2015 lalu. Rupanya, vokalis yang menyanyikan tembang Kau Tigakan Cintaku ini hampir tak dapat kembali ke Indonesia lantaran penyakit stroke yang dideritanya. Beruntungnya, ia dapat kembali pulang pada Februari 2015 lalu.

Meskipun sempat pulih, namun penyakit stroke kembali menyerangnya kembali di tahun 2016. Keadaannya semakin buruk setelah sang istri mengajukan gugatan cerai dan tak ada yang mengurusnya lagi. Kini, pria yang memiliki nama asli Noventino Budi Lesmana hidup di Panti Jompo Pneil di kawasan Bintaro.

2. Istri Ferry Irawan.

Seleb terserang penyakit stroke © 2020 Instagram

foto: Instagram/@ferryirawanofficial

Sang istri yakni Anggi Novita, diketahui terserang penyakit stroke. Saat ini sang istri dirawat di RS Pusat Otak Nasional, Jakarta untuk menjalani perawatan lebih lanjut. Dari Instagram Ferry, ia mengungkapkan jika sang istri sudah berada di rumah sakit selama satu minggu. Kondisinya terkini sang istri pun sangat lemas saat terbaring di rumah sakit.

3. Mat Solar.

Seleb terserang penyakit stroke © 2020 Instagram

foto: Twitter/@HaryantoCahyono

Nama Mat Solar, komedian Tanah Air tak lagi muncul di layar kaca. Diketahui jika ia menyandang penyakit stroke hingga membuatnya harus menggunakan kursi roda. Sang anak, Haidar Rasyad pun pernah mengunggah video kondisi terkini sang ayah melalui aplikasi TikTok. Selain harus menggunakan kursi roda, Mat Solar juga hingga kini masih kesulitan untuk berbicara.

"Iya waktu itu sempat drop, terus pulih kemudian drop, stroke lagi. Pakai tongkat (sebelumnya) tapi sekarang pakai kursi roda. Ngomongnya kaya masih terbata-bata gitu kayak masih kurang jelas," ungkap Haidar.

4. Fahmi Bo.

Seleb terserang penyakit stroke © 2020 Instagram

foto: Instagram/@inicemilanbo

Pemain sinetron Tukang Ojek Pengkolan ini juga sempat mengalami stroke pada pertengahan 2018 lalu. Awalnya ia mengeluhkan rasa sakit di kepala yang berujung pada beberapa bagian tubuhnya tak berfungsi sempurna. Wajahnya pun terlihat tak simetris. Meskipun begitu, pria yang bertubuh besar ini tak lantas menyerah. Ia menjalani serangkaian pengobatan selama beberapa bulan hingga kondisinya berangsur membaik. Pria kelahiran 28 Janurari 1973 ini pun dapat kembali beraktivitas seperti semula.

5. Deddy Corbuzier.

Seleb terserang penyakit stroke © 2020 Instagram

foto: Instagram/@mastercorbuzier

Ayah dari Azkanio Nikola Corbuzier yang saat ini lebih dikenal sebagai presenter dan YouTuber ini dikabarkan pernah mengidap stroke ringan dan harus dirawat di ICU. Dilansir dari Kapanlagi.com, penyakit ini berhubungan dengan trauma pasca kecelakaan yang dialaminya beberapa waktu lalu. Awalnya ia mendadak jatuh pingsan seusai latihan gym.

Kondisi tubuhnya pun lantas lumpuh dan tak bisa digerakkan. Beruntung setelah menjalani perawatan lebih lanjut kondisinya berangsur-angsur membaik.

6. Urip Arpan.

Seleb terserang penyakit stroke © 2020 Instagram

foto: Kapanlagi.com

Aktor dan komedian senior Urip Arpan ini mengalami sakit stroke sejak beberapa tahun belakangan. Kabar tersebut diketahui dari unggahan sebuah akun di Instagram yang memperlihatkan kondisi Urip Arpan yang harus dibantu tongkat untuk berjalan. Aktor yang memiliki wajah mirip Benyamin ini pun kini badannya terlihat kurus.