Brilio.net - Lama tak terlihat di layar kaca setelah memutuskan mundur dari Sinetron Tukang Bubur Naik Haji beberapa tahun lalu, Mat Solar kini menjadi perhatian publik saat menghadiri wisuda sang anak di Institut Teknologi Surabaya (ITS) pada Sabtu (15/9).

Tak banyak yang tahu jika selama ini pemain sitkom Bajaj Bajuri tersebut tengah berjuang melawan penyakit yang ia derita. Ya, seleb berusia 55 tahun tersebut sudah terserang stroke sejak 2015 lalu.

"Stroke pertama 2015. Itu masih ringan, normal. Pas terakhir ini udah dari akhir Juli 2018, hampir tiga bulan yang stroke lemah ini. Alhamdulillah awalnya lemah, tapi sekarang udah bisa jalan, tapi pake tongkat," terang Ida Nuralaila, istri Mat Solar seperti dikutip brilio.net dari kapanlagi.com, Rabu (19/9).

Kondisi tersebut membuat Mat Solar enggan kembali menjalani syuting, dan ingin fokus pada penyembuhan serta kesehatannya. Diakui sang istri, Mat Solar memiliki semangat besar untuk menjalani terapi.

"Bapak udah pesen kalau ada yang tawarin sinetron atau apa nggak semangat ada. Kalau terapi gerak itu ada," ujar Ida.

Loading...

Kondisi Mat Solar yang kini terlihat lebih kurus dan duduk di kursi roda membuat publik dibuat terharu. Dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (19/9), berikut tujuh potret kondisi terbaru Mat Solar.

1. Dengan duduk di kursi roda, Mat Solar merasakan perasaan bangga saat menghadiri wisuda sang anak, Mikhail Ali Shidqi.

Kondisi Mat Solar  © 2018 brilio.net

foto: www.its.ac.id

2. Stroke yang ia derita, membuat tangan kiri Mat Solar tidak bisa digerakan dengan bebas.

Kondisi Mat Solar  © 2018 brilio.net

foto: www.its.ac.id

3. Menurut sang istri, ketika sedang asik nonton Piala Dunia, Mat Solar sempat tak bisa jalan dan akhirnya terjatuh.

Kondisi Mat Solar  © 2018 brilio.net

foto: Twitter/@HaryantoCahyono

"Lagi nonton TV, Piala Dunia, malam mau tidur biasanya saya tuntun. Pas berdiri taunya nggak bisa jalan, saya tuntun juga berat, biasanya enteng. Tiba-tiba aja kena stroke. Kita bawa UGD RSPI, normal lagi. Terus dokter bilang ada penyumbatan itu on off, jadi lemah. Kalau lancar lagi, biasa lagi, akhirnya inap satu hari. Terus kena lagi pas diopname kondisi sekarang. Alhamdulillah sekarang sudah bisa jalan pakai tongkat masih didampingi keluarga," ungkap Ida seperti dikutip dari kapanlagi.com.

4. Tak hanya pengobatan medis, Mat Solar juga tak pernah absen menjalani terapi untuk mengembalikan fungsi sarafnya. Ini momen pemilik nama Nasrullah saat dibantu Komandan TNI AD, Kapten (Inf) Tatang Taryono menjalankan terapi.

Selain stroke, Mat Solar juga mengalami gangguan saraf pada matanya, yang mengakibatkan penglihatannya menjadi sediki buram.