Brilio.net - Sosok Ria Ricis tentu sudah tak asing bagi masyarakat Indonesia, terutama para generasi milenial. Ia melejit sebagai salah satu YouTuber Indonesia paling sukses saat ini. Bagaimana tidak, akun YouTube adik dari Oki Setiana Dewi itu telah memiliki lebih dari 16 juta subscribers.

Popularitas Ricis pun tak lepas dari sejumlah kontroversi. Selama aktif menjadi YouTuber yang rajin mengunggah konten video, Ria Ricis tak jarang menuai kritikan dari berbagai pihak, terutama dikarenakan konten videonya yang kadang kontroversial.

Respons berupa pro dan kontra seringkali menghiasi kolom komentar YouTube perempuan kelahiran Batam, 1 Juli 1995 itu. Apa saja? Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (3/9). Yuk simak kontroversi YouTuber Ria Ricis berikut ini.

1. Diprotes karena makan gurita hidup.

kontroversi ria ricis © 2019 brilio.net

Loading...

foto: YouTube/Ricis Official

Baru-baru ini, Ria Ricis menjadi buah bibir karena video di akun YouTube-nya yang berjudul "PERTAMA KALI MAKAN GURITA Hidup! MUKBANG KOREA Tersiksa". Video yang diunggah pada 22 Agustus tersebut banyak menuai kritik, salah satunya dari Garda Satwa Foundation, sebuah komunitas pecinta hewan.

Ricis pun didesak untuk segera menghapus video tersebut dari saluran YouTube-nya. Sebab, dikhawatirkan video tersebut mendorong orang lain melakukan hal yang sama. Meski demikian, hingga saat ini, Ricis bersikukuh untuk tidak mau menghapus video kontroversial tersebut. Ia hanya menonaktifkan kolom komentar.

2. Video pamit.

kontroversi ria ricis © 2019 brilio.net

foto: YouTube/Ricis Official

Beberapa waktu sebelumnya, Ria Ricis juga tak kalah membuat heboh warganet seluruh Indonesia. Pada akhir Juli lalu, ia sempat mengunggah video pamit di YouTube. Namun demikian, hanya dua hari berselang ia kembali aktif ngevlog. Tak ayal, banyak warganet yang menuding Ria Ricis hanya mencari sensasi dan jumlah klik.

3. Berseteru dengan Henny Yuliana Rahman.

kontroversi ria ricis © 2019 brilio.net

foto: liputan6.com

Pada awal tahun 2019, Ria Ricis sempat mencuri perhatian lantaran dilanda konflik dengan sesama seleb Tanah Air, Henny Yuliana Rahman. Henny merupakan istri dari aktor Zikri Daulay.

Perseteruan tersebut bermula dari Ria Ricis yang diduga telah menjelek-jelekkan ibunya Henny Yuliana Rahman. Pada akhirnya, adik dari Oki Setiana Dewi itu akhirnya mengunggah permintaan maaf pada Henny Rahman.

4. Membuang squishy ke toilet.

kontroversi ria ricis © 2019 brilio.net

foto: YouTube/Ricis Official

Konten-konten video dalam YouTube Ria Ricis, tak hanya sekali dua kali memicu kontroversi. Selain video makan gurita hidup dan pamit, Ricis pernah mendapat banyak kritikan dari videonya yang membuang mainan squishy ke toilet. Warganet mengatakan bahwa tindakan tersebut rawan ditiru oleh anak kecil. Menanggapi hal itu, Ricis akhirnya memberikan klarifikasi lewat Instagram Story.

"Perhatian dari teman-teman membuat saya jadi semangat untuk lebih baik lagi dalam membuat video ke depannya. Wassalam," tulis Ricis

5. Membuang squishy di laut.

kontroversi ria ricis © 2019 brilio.net

foto: YouTube/Ricis Official

Tak hanya membuang squishy di toilet, Ricis juga mendapat banyak kritikan terutama dari pemerhati lingkungan karena membuang squishy di laut. Para pemerhati lingkungan menganggap tindakan tersebut sama saja membuang sampah yang akan mencemari lautan. Video tersebut pada akhirnya dihapus dari akun YouTube Ricis.

6. Ngevlog di makam Olga Syahputra.

kontroversi ria ricis © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@riaricis1795

Pada Februari lalu, Ricis membuat vlog saat mengunjungi makam mendiang Olga Syahputra. Namun, bukannya mendapat pujian, Ricis justru banyak mendapat kritikan dari warganet. Ia dianggap kurang bahan sampai-sampai menjadikan momen ziarah sebagai konten YouTube.