Brilio.net - Hari Raya Idul Adha hanya dalam hitungan hari lagi. Di hari raya Islam ini, biasanya juga diperingati sebagai peristiwa berkurban. Selain sama-sama menjalankan salat ied, umat muslim juga akan berkurban hewan untuk disembelih.

Di Indonesia khususnya, hewan yang umumnya dijadikan kurban adalah sapi, kambing, maupun domba. Pada Idul Adha tahun 2019 sendiri, artis sekaligus YouTuber Ria Ricis berkesempatan untuk berkurban seekor sapi.

Menariknya, sapi miliknya tersebut Ricis berikan nama Sarimit. Dalam tubuh sapi itu, Ria menuliskan berupa kata-kata 'Sarimit I Love You'. Sambil memeluk si sapi, Ricis mencurahkan kasih sayangnya pada sapinya.

ria ricis kurban © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@riaricis1795

Loading...

"SARIMIT: SAPI RICIS PAMIT. sama2 ketemu di syurganya Allah ya sayang," ujarnya seperti dikutip brilio.net, Jumat (9/8).

Meski maksud hati baik, sayangnya unggahan gadis 24 tahun itu mendapat sejumlah komentar dari warganet. Salah satunya warganet menyoroti tubuh hewan kurbannya yang kurang besar.

"Ahh kurang besar..," tutur @mustafadafa.

Tak terima dengan nyinyiran mengenai Sarimit, tanpa pikir panjang Ricis memberikan jawaban tegas. Menurutnya hewan kurban bukanlah permasalahan besar atau kecil, melainkan kecocokan. Sebab itu, tidak mungkin seseorang memilih hewan dengan sembarang.

"Cari sapi itu bukan dr besar atau enggaknya. tapi dari kecintaannya. dari hati kita klopnya sm yang mana. karena plih sapi sama kaya pilih jodoh. yang disayang. makanya namanya berqurban," jawabnya dengan tegas.

Kendati demikian, nggak sedikit pula warganet yang memuji sikap adik Okie Setiana Dewi ini. Kurban merupakan permasalahan hati dan keikhlasan diri.

"kan yang penting kita ikhlas," komen @asmashafiyah.

"yang terpenting itu niatnya mas:))," sambung @zapink.id.

"persoalan gede pendapatan, dan dia qurbannya segitu bukan hak kita buat ngatur. Timbang dia ikhlas mah, sdh jadi pahala buat dia. Kita cukup berdoa saja, semoga rezeki kita dibanyakkin supaya bisa berqurban juga," tulis @bunglontong.