Brilio.net - Nama Indira Kalistha beberapa hari ini terus disoroti publik. Berawal dari statementnya yang menyinggung tentang kondisi orang-orang saat ini terhadap virus corona.

Statement tersebut dikeluarkan pada saat dirinya di ajak kolaborasi bersama Gritte Agatha di kanal YouTube-nya pada Rabu (13/5) lalu.

Pada saat itu Gritte menanyakan tanggapan Indira Kalistha terhadap virus corona yang terjadi di Indonesia. Indira mengakui adanya virus tersebut, tapi menurutnya kondisi yang terjadi tidak begitu menghebohkan seperti yang selama ini diberitakan.

Indira juga mengaku bahwa selama ini dia jarang menggunakan masker. Ketika sehabis bepergian atau membeli makanan dari jasa delivery, dirinya juga tidak pernah mencuci tangan, dan langsung memakannya.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Kata-kata Indira Kalistha ini kemudian membuat banyak orang kecewa. Warganet menilai sebagai seorang influencer, seharusnya Indira bisa menjaga perkataan dan tidak mengeluarkan pernyataan yang dianggap meremehkan virus corona seperti itu.

Lantas seperti apa fakta di balik kasus YouTuber Indira Kalistha yang menjadi kontroversi itu? Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Minggu (17/5).

1. Dikritik akibat remehkan kasus virus corona.

Fakta kasus Indira Kalistha Berbagai sumber

foto: Instagram/@gritteagathaa

Indira Kalistha memberikan pernyataan dalam video podcast milik Gritte Agatha seputar kasus virus corona. Ia mempercayai adanya virus tersebut, namun baginya virus tersebut biasa saja, dan tidak terlalu heboh itu. Indira juga menambahkan bahwa dia jarang memakai masker dan mencuci tangan. Karena baginya terkena virus corona atau tidak siapapun bisa meninggal dunia.

Pernyataan itu akhirnya menuai kritik dari warganet. Banyak yang menyayangkan statement Indira, karena dinilai tidak menghargai perjuangan para tenaga medis dan orang-orang yang selama ini patuh terhadap protokol virus corona.

2. Sikap Gustaf Ode, suami Indira Kalistha.

Fakta kasus Indira Kalistha Berbagai sumber

foto: Instagram/@gustafode

Suami Indira Kalistha yang sama-sama YouTuber, AA Utap, menanggapi kasus tersebut lewat unggahan pribadinya di Instagram.

"Walaupun banyak orang bilang kamu bodoh, aku ga percaya. Aku percaya bahwa kamu adalah wanita yg cerdas. Mereka cuma ga ngerti aja. Walaupun banyak orang bilang kamu bodoh, aku ga percaya. Aku percaya bahwa kamu adalah wanita yg cerdas. Mereka cuma ga ngerti aja." tulis Utap.

Beberapa orang kontra dengan postingan dari Utap. Mereka menilai Utap justru membela istrinya bukan mengingatkan hal yang benar.

3. Klarifikasi Indira.

Fakta kasus Indira Kalistha Berbagai sumber

foto: Instagram/@indirakalistha

Pada Sabtu (16/5) kemarin Indira Kalistha menyampaikan permohonan maaf dan klarifikasi lewat kanal YouTube Deddy Corbuzier. Indira menyampaikan alasan mengapa ia bisa berkata seperti itu.

"Sebenarnya itu gara-gara aku tuh nggak pernah kolab yang ngobrol-ngobrol yang serius gitu, bahkan aku kolab yang ketawa-ketawa aja itu deg-degan banget, ya kan. Karena aku orangnya sebenernya introvert," tutur Indira dalam video.

Ia juga mengakui bahwa dirinya kerap berbicara tanpa berpikir panjang, "Terus abis itu, pas diajakin kolab yang serius, ngobrol-ngobrol serius sebenernya aku udah ragu mau ngambil apa nggak. Karena aku tahu kalau aku ngomong, kadang ngomong dulu baru mikir gitu," terang Indira Kalistha.

Ia juga menjelaskan bahwa kesehariannya sebetulnya dia selalu menggunakan masker bila keluar rumah. Seperti ketika Indira dan Utap pergi ke McD Sarinah, mereka menggunakan masker dan mengikut protokol pencegahan Covid-19 yang ada di sana.

4. Indira Sadar dengan perbuatannya.

Fakta kasus Indira Kalistha Berbagai sumber

foto: Instagram/@indirakalistha

Ketika ditanya oleh Deddy Corbuzier apakah Indira sadar dengan perbuatannya, dengan mantap Indira berkata sadar. Lalu mengapa kata-kata tersebut bisa ke luar dari mulutnya?

Ia menjelaskan karena sebetulnya dia grogi karena itu pertama kalinya dia kolab untuk membahas hal yang serius.

5. Permintaan maaf Indira Kalistha.

Fakta kasus Indira Kalistha Berbagai sumber

foto: Instagram/@mastercorbuzier

Setelah menjelaskan semua yang terjadi di video tersebut, Indira menangis dan sambil mengungkapkan kesalahannya. "Pokoknya abis kejadian ini aku mau lebih banyak belajar, aku mau minta maaf sama semuanya. Aku nggak tahu omonganku bakalan jadi kayak gini, aku nggak tahu. Aku sama sekali bukan untuk ngeremehin tenaga medis, nggak. Benar kata kalian aku bodoh, di video itu aku bodoh ngomong nggak di pikirin dulu itu bener banget. Aku sama sekali nggak nolak kalian ngatain aku. Karena aku tahu aku di situ salah," ucap Indira sambil terisak.

"Pokoknya mau minta maaf dan kalian jangan dengerin omongan aku yang itu karena sebenernya aku pun pakai masker, dan aku pun selalu bawa di tas aku tuh ada tisu basah yang ada alkoholnya gitu aku selalu bawa. Jadi omongan aku di situ itu ngawur banget. Aku minta maaf, bener-bener minta maaf sama kalian semua," pinta Indira Kalistha.

Indira juga memposting permintaan maafnya di Instagram miliknya. Dia mengunggah foto berwarna hitam sebagai penyesalannya atas apa yang telah dilakukannya, "Saya Indira Kalistha, meminta Maaf untuk semua" tulis Indira dalam caption foto.

6. Permintaan maaf Gritte Agatha dan video di-takedown.

Fakta kasus Indira Kalistha Berbagai sumber

foto: YouTube/Gritte Agatha

Nggak hanya dari kubu Indira, Gritte Agatha selaku YouTuber juga meminta. Sebagai content creator Gritte berusaha untuk menghasilkan video yang bisa mengedukasi dan menginspirasi banyak orang.

Ia pun meminta maaf atas apa yang terjadi belakangan ini, "Dengan segala kerendah hati, saya memohon maaf kepada seluruh orang yang merasa tersinggung, marah, ataupun bersedih atas konten yang saya upload. Saya mohon maaf."

Gritte juga meluruskan niatnya yang sama sekali tidak bermaksud untuk meremehkan kondisi Covid-19 saat ini. Video tersebut pun di-takedown Gritte agar tidak berkepanjangan.

(brl/pep)