1. Ada team challenge.

kiki bantu belinda potong daging © instagram

foto: Instagram/@kiki.mci11; Instagram/@belinda.mci11

Salah satu kejanggalan yang dipertanyakan publik yakni adanya team challenge. Pertama kalinya ada team challenge di Grand Final MasterChef, sebab sebelumnya team challenge dilakukan di babak-babak sebelum final. Momen ini dinilai tak relevan bagi publik, yang mana seharusnya Grand Final fokus pada head to head dan kemampuan pribadi.

"Grand final tuh udah saatnya head to head bukan nyari bala bantuan. Udah saatnya juri liat skill grand finalis bukan hanya liat hasil akhir dan rasa makanan aja," terang salah satu warganet @stroberikook, di platform X.

2. Komentar juri dengan nilai yang diberikan nggak sesuai.

kiki bantu belinda potong daging © instagram

foto: Instagram/@belinda.mci11

Hal janggal lain yang disorot publik yakni mengenai ketidaksesuaian antara komentar juri saat mencicipi makanan finalis dengan penilaian yang diberikan. Saat menyajikan masakannya ke para juri, Kiki lebih sering menerima komentar lebih baik, namun nilai yang ia dapat malah sebaliknya.

Saat menyajikan dadar gulung pandan, salted coconut caramel, walnut crumble, pandan yuzu, dan lemon granita, Chef Juna dan Chef Renatta memberikan komentar kurang pada makanan yang disajikan oleh Belinda. Sementara saat Kiki menyajikan es teler, ia mendapatkan komentar baik dibandingkan dengan Belinda.

Melihat dari unggahan akun @masterchefina, skor sementara yang didapat Belinda 746, sementara Kiki mendapat 727. Nilai ini dianggap tidak masuk akal lantaran para juri memberikan komentar tinggi pada Kiki.

3. Hasil penilaian tidak langsung diumumkan.

kiki bantu belinda potong daging © instagram

foto: Instagram/@theo.mci11

Usai mencicipi sajian makanan dan memberikan nilai untuk masing-masing peserta, juri tidak langsung mengumumkannya. Hal ini membuat publik berspekulasi tentang yang terjadi di balik layar.

4. Cara serving makanan disorot.

kiki bantu belinda potong daging © instagram

foto: TikTok/@panggilsaja

Pada ronde pertama, Kiki dan Belinda ditantang diberi tantangan memasak menu nusantara dengan menghidangkan 11 porsi dari setiap menu. Ketika menyajikan makanan, Belinda menghidangkan makanan dari depan juri. Berbeda dengan Kiki yang menghidangkan makanan untuk juri dari samping kiri.

Cara serving Belinda dianggap salah karena dalam penyajian makanan untuk tamu, makanan masuk dari samping kiri dan dibersihkan dari kanan.

5. Kiki bantu Belinda potong daging tak ditayangkan.

kiki bantu belinda potong daging © instagram

foto: Instagram/@kiki.mci11

Kekecewaan publik terhadap penilaian juri di MasterChef season 11 diperkuat dengan unggahan Kiki di laman Instagram-nya. Muncul dugaan pihak televisi sengaja memotong salah satu momen ketika Kiki MCI membantu Belinda dalam tantangan menduplikasi menu lamb rack buatan Chef Hand Christian.

Dalam unggahan Kiki, tampak Kiki menyambangi station Belinda dan membantu Belinda untuk memotongkan daging dombanya. Sebab, terlihat jika Belinda kesulitan untuk mengeksekusi daging merah tersebut. Momen ini membuat banyak yang mempertanyakan skill yang dimiliki jebolan Le Cordon Bleu tersebut.