2. Menghebohkan jagat maya dengan ganti baju di tengah keramaian kota Paris

Kontroversi Helena Lim © Instagram

foto: Instagram/@helenalim899

Kejadian tersebut dapat dibagikan melalui video yang diunggah pada akun Instagram pribadi Helena Lim, @helenalim899. Video tersebut memperlihatkan sosialita kaya raya asal PIK ini sedang berganti baju di tengah keramaian kota Paris. Kejadian pergantian baju di tempat umum tersebut terekam dalam video yang diambil oleh anak Helena Lim.

Dalam rekaman tersebut, terlihat sang anak memberikan bantuan kepada Helena Lim ketika ia mengalami kesulitan dalam membenarkan pakaian yang dikenakannya. Tindakan ini dilakukan Helena Lim karena ia merasa malas untuk kembali ke hotel hanya untuk berganti baju.

3. Memamerkan barang-barang mewah di media televisi dan mendapat teguran KPI (Komisi Penyiaran Indonesia)

Kontroversi Helena Lim © Instagram

foto: Instagram/@helenalim899

Berdasarkan tayangan di salah satu program televisi pada tahun 2019, Helena diketahui tinggal di sebuah rumah mewah yang bergaya klasik modern di kawasan Pantai Indah Kapuk. Rumah tersebut dilengkapi dengan fasilitas mewah, seperti kolam renang, salon pribadi, kitchen set senilai Rp1 miliar, dan hiasan kamar mandi dengan nilai ratusan juta rupiah. Tayangan tersebut sempat mendapat teguran karena dianggap melanggar aturan Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS) KPI Tahun 2012, karena menampilkan koleksi barang-barang mewah.

4. Helena Lim sempat memamerkan mandi dengan susu cair

Kontroversi Helena Lim © Instagram

foto: Instagram/@helenalim899

Helena Lim menarik perhatian publik setelah membagikan video baru di Instagram. Video tersebut memperlihatkan dirinya sedang melakukan kegiatan mandi. Dalam video tersebut, ia terlihat duduk di dalam bathup dengan mengenakan bikini berwarna emas.

Ada hal yang membuat tidak biasa, air yang digunakan untuk mandi bukanlah air biasa. Helena terlihat menuangkan susu cair kemasan ke tubuhnya, mengisi bathup dengan susu tersebut sebagai pengganti air. Sehingga aksinya tersebut menuai kritikan dari publik di media sosial.

5. Teseret kasus korupsi tata niaga timah di PT Timah Tbk antara tahun 2015 hingga 2022 yang diduga merugikan negara hingga Rp 271 triliun

Kontroversi Helena Lim © Instagram

foto: Instagram/@helenalim899

Sosok Helena Lim, yang dikenal sebagai crazy rich dari Pantai Indah Kapuk (PIK), kini menjadi pusat perhatian publik karena terkait dengan dugaan kasus korupsi dalam tata niaga komoditas timah di wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah Tbk periode 2015-2022. Diketahui bahwa penyidik dari Kejaksaan Agung Republik Indonesia telah melakukan penyitaan barang bukti berupa uang tunai senilai puluhan miliar rupiah di beberapa lokasi, termasuk kantor PT QSE dan PT SD yang dimiliki oleh Helena Lim, pada tanggal 6 hingga 8 Maret 2024.