Brilio.net - Pandemi corona yang terjadi saat ini menyebabkan banyak kerugian yang berimbas pada berbagai sektor. Salah satu yang ikut terkena dampaknya adalah dunia hiburan.

Dunia hiburan Tanah Air mulai merasakan dampak ekonomi akibat wabah virus corona. Salah satu selebriti yang terkena dampaknya adalah Raffi Ahmad.

Suami dari Nagita Slavina ini saat ini memiliki karyawan sebanyak 100 orang. Karyawan tersebut terdiri dari kru, asisten rumah tangga, hingga sopir. Dalam rekaman vlog Anji di kanal YouTube Dunia Manji, Raffi Ahmad mengaku kesulitan akibat wabah yang terjadi saat ini.

"Yang bikin aku pusing itu kalau sampai Covid-19 itu panjang, itu nanti yang gaji karyawan gue gimana. Jangankan Rans Entertainment, perusahaan-perusahaan besar saja sudah banyak melakukan PHK," ujar Raffi Ahmad dalam rekaman video tersebut.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Berikut adalah 5 cerita Raffi Ahmad yang mempertahankan karyawan di tengah pandemi corona, seperti yang brilio.net lansir dari YouTube dunia Manji, Selasa (14/04).

1. Sudah siapkan skenario untuk kondisi terburuk

Raffi Ahmad pertahankan karyawan di tengah pandemi corona Youtube

foto: Youtube.com/dunia MANJI

Raffi Ahmad mengaku sudah memperkirakan kondisi terburuk seandainya wabah virus corona menimbulkan dampak yang berkepanjangan. Ia pun sudah menyiapkan skenario seandainya sampai Desember 2020, kondisi perekonomian belum pulih karena corona. 

"Kalau aku, sih sekarang sudah menyiapkan untuk skenario terburuk. Misalkan anggaplah 2020 ini sudah tahun mati sampai Desember, maksudnya anggap ekonomi kita lagi musibah, berati aku sampai Desember akhir itu sudah menyiapkan, yang penting buat gaji karyawan aman untuk semua yang kerja sama aku," tutur Raffi.

2. Memanfaatkan uang tabungan

Raffi Ahmad pertahankan karyawan di tengah pandemi corona Instagram

foto: Instagram/@raffinagita1717

Raffi Ahmad dan Nagita Slavina memutuskan untuk menggunakan uang tabungan mereka agar tak memberlakukan PHK terhadap para karyawannya.

"Aku sama Gigi sudah sepakat, 'Sudah yang penting dari uang tabungan kita saja buat mereka.' Kalau boleh, satu pun jangan ada yang di-PHK," ungkap Raffi.

3. Banyak beraktivitas di rumah

Raffi Ahmad pertahankan karyawan di tengah pandemi corona Instagram

foto: Instagram/@raffinagita1717

Menyiasati agar karyawan tetap digaji meski kondisi keuangan sedang kurang baik, Raffi Ahmad memilih lebih banyak menghabiskan waktu di rumah, termasuk membuat konten YouTube.

"Yang aku lakukan dengan adanya YouTube digital itu banyak yang bisa dilakuin. Aku bikin konten-konten family pakai kamera HP pun jadi. Tapi aku enggak bisa bikin konten di luar, aku bikin konten saja di dalam rumah. Ngapain? Yang penting bukan adsense atau uangnya, yang penting punya kegiatan. Kalau aku engga punya kegiatan, stres," tambah ayah Rafathar tersebut.

4. Tetap syuting meski satu program

Raffi Ahmad pertahankan karyawan di tengah pandemi corona Instagram

foto: Instagram/@raffinagita1717

Untuk tetap bertahan, Raffi Ahmad tetap melakukan syuting sebagai salah satu mata pencarian terbesarnya demi mempertahankan karyawan. Tidak seperti sebelumnya, kini dalam sehari Raffi hanya menjalani syuting untuk satu program.

"Aku pun syuting yang sehari tujuh program, sekarang cuma satu program. Aku pun terdampak banget gitu," tutur ayah Rafathar tersebut.

5. Menyiasati konten di YouTube

Raffi Ahmad pertahankan karyawan di tengah pandemi corona Instagram

foto: Instagram/@raffinagita1717

Cara lain agar Raffi Ahmad bisa mendapatkan penghasilan demi menggaji karyawan adalah dengan menyiasati konten di YouTube.

"Gue sama Gigi mau adsense, atau sponsor itu sampai Desember. Gue akan save itu untuk semua karyawan," kata Raffi Ahmadd.