Brilio.net - Dalam pelajaran bahasa Indonesia, salah satu materinya ada kata nomina umum dan abstrak. Materi ini membahas tentang pelajaran dasar dalam memahami teori bahasa Indonesia.

Materi pelajaran mengenai kata nomina umum dan abstrak biasanya meliputi pengenalan pada jenis kata-kata dalam bahasa Indonesia yang kemudian diberi label kata nomina. Meski terdengar mudah, tapi kamu nggak bisa meremehkannya begitu saja.

Materi kata nomina umum dan abstrak akan juga keluar juga di soal ujian lho. Maka ada perlunya kamu mencari banyak referensi dan contoh kata nomina umum dan abstrak baik di buku pelajaran, atau dari internet.

Nah, buat kamu yang sedang belajar mengenai kata nomina umum dan abstrak, kamu bisa menyimak artikel ini sampai habis. Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Senin (20/11), ini dia 45 contoh kata nomina umum dan abstrak, pahami pengertian dan penggunaannya dalam kalimat.

Pengertian Nomina Umum

Nomina umum adalah kata benda yang merujuk pada semua benda atau makhluk yang memiliki sifat atau karakteristik yang sama. Contohnya, kata "buah" merujuk pada semua jenis buah, seperti apel, pisang, atau mangga.

Contoh kata nomina umum dan abstrak freepik.com

foto: freepik.com

Pengertian Nomina Abstrak

Nomina abstrak adalah kata benda yang merujuk pada ide, konsep, perasaan, atau kualitas yang tidak dapat diraba atau dilihat secara konkret. Contohnya, kata "kebahagiaan" atau "cinta" adalah nomina abstrak karena mereka menggambarkan konsep atau perasaan.

Jenis Nomina Umum dan Abstrak

1. Nomina umum
- Konkret: Merujuk pada benda yang dapat diraba atau dilihat secara fisik, seperti "meja," "kucing," atau "mobil."
- Kolektif: Merujuk pada sekelompok benda atau makhluk yang dianggap sebagai satu kesatuan, seperti "keluarga," "tumpukan," atau "rombongan."

2. Nomina abstrak
- Konsep: Merujuk pada ide atau konsep, seperti "keadilan," "kebebasan," atau "demokrasi."
- Perasaan atau Emosi: Merujuk pada perasaan atau emosi, seperti "kesedihan," "kecemasan," atau "kebahagiaan."

Cara Membedakan Nomina Umum dan Abstrak

1. Pengertian umum:
- Nomina umum merujuk pada benda atau makhluk secara umum.
- Nomina abstrak merujuk pada ide, konsep, perasaan, atau kualitas.

2. Tangibilitas
- Nomina umum dapat diraba atau dilihat secara fisik.
- Nomina abstrak tidak dapat diraba atau dilihat secara fisik.

3. Spesifikasi
- Nomina umum bisa memiliki variasi spesifik, misalnya "buah" dapat merujuk pada apel, pisang, dsb.
- Nomina abstrak cenderung lebih umum dan sulit untuk diperinci dalam bentuk konkret.

Penting untuk diingat bahwa ada beberapa kata benda yang dapat berfungsi sebagai keduanya, tergantung pada konteksnya. Misalnya, kata "kehidupan" bisa dianggap sebagai nomina umum atau abstrak tergantung pada bagaimana kata tersebut digunakan dalam suatu kalimat.

Contoh kata nomina umum dan abstrak freepik.com

foto: freepik.com