Tak hanya tentang kehidupan rumah tangganya, Duta juga bercerita soal momen tak mengenakkan yang terjadi selama dirinya berkarier. Siapa yang tahu bahwa pria 43 tahun itu ternyata pernah mengidap penyakit TBC.

"Jadi saya itu dulu antara tahun 2011-2012, saya punya cobaan, suara saya itu hilang. Saya akhirnya melakukan terapi dan minum obat yang biasa saya minum, tapi kok nggak sembuh-sembuh," ungkapnya.

Kondisi itu tak kunjung membaik dan malah membuat Duta sampai batuk berdarah. Bergerak cepat, Duta langsung memeriksakan ke dokter dan didiagnosa mengidap Tuberkulosis.

"Singkat cerita saya didiagnosa kena tuberculosis. Jadi saya penyembuhan sekitar 6 bulan," lanjutnya.

rahasia duta awet dengan istri © berbagai sumber

foto: Instagram/@pakduta

Duta mengatakan bahwa saat itu dia merasa sudah mengecewakan teman-teman di Sheila on 7. Karena pada saat itu Sheila on 7 sedang banyak manggung ke sana sini, tapi karena kondisi suaranya belum balik, otomatis Duta tidak bisa membawakan lagunya secara optimal. Kendati demikian Eross, Adam, dan kawan-kawan sangat mengerti keadaan temannya.

Mereka bahkan tidak memaksakan atau meninggalkan Duta ketika dirinya sedang sakit. Bahkan ketika ada acara pagi di TV, personel lain menyarankan agar Duta lipsync karena suaranya yang hilang. Tak mau menyerah begitu saja, Duta mencoba berusaha bernyanyi live hanya saja hasilnya belum maksimal.

"Jadi mereka bilang 'udah lipsync aja, orang kondisimu kayak gitu kok'. Terus saya bilang 'aku boleh nggak nyoba (nyanyi live)? Aku pengin coba'," ungkapnya.

Berkat kemauan sembuh dari dalam diri Duta, dia pun bisa sembuh total. Kesembuhan Duta bertepatan dengan rilis album Sheila dan acara di televisi dimana mengharuskannya bernyanyi dengan vokalis band terkenal lain. Duta pun mengekspresikan kesembuhannya dengan bersimpuh di kaki sang istri.

"Itu bener-bener, saya udah bersimpuh di kaki istri saya, saya nangis kayak anak kecil. 'Ya Allah bu, saya bisa nyanyi lagi ini bu', itu yang saya senangi karena saya bisa bermanfaat bagi orang lain, jadi saya begitu berasa (senang) waktu itu," tutupnya.