Brilio.net - Siapa yang tak kenal band Ungu? Band yang naik daun pada era 2000-an ini terbentuk pada 1996. Dari awal terbentuk, band Ungu kerap ganti personel. Makki menjadi satu-satunya personel awal yang masih aktif sampai sekarang. Kini, anggota band Ungu terdiri dari Pasha (penyanyi), Makki (bass), Enda (gitar), Oncy (gitar), dan Rowman (drum).

Pada 2000, Ungu mulai mempersiapkan album pertama mereka yang akhirnya dirilis pada 6 Juli 2002 bertajuk Laguku. Sebelumnya, Ungu ikut mengisi dua lagu di album kompilasi Klik bersama Lakuna, Borneo, Piknik, dan Energy. Kedua lagu tersebut adalah "Hasrat" dan "Bunga". Sampai pada 2006, mereka telah menghasilkan tiga album dan satu album mini.

Di ajang SCTV Awards 2007, Ungu meraih penghargaan untuk kategori 'Band Ngetop'. Dalam ajang itu, Ungu berhasil menyisihkan grup band lainnya, seperti Ada Band, Peterpan, Radja, dan pendatang baru yang mendadak populer, Kangen Band. Pada 2007, Ungu bersama Samsons dan Naff, dijuluki 'The Rising Star' band oleh penyelenggara konser musik akbar Soundrenaline, A Mild Live Productions, dan Deteksi Productions, juga oleh raksasa label rekaman Musica Studio.

Kini Ungu sudah lama tidak tersorot media dan tidak mengadakan konser. Meski begitu, band Ungu tetap kompak di tengah kesibukan masing-masing personel. Ungu membuktikan mereka tetap eksis di industri musik Indonesia dengan mengeluarkan album "Self-titled" pada 2022.

Meski disibukkan dengan berbagai urusan di industri musik, para personel Ungu tetap meluangkan waktu untuk keluarganya masing-masing. Potret kebersamaan personel Ungu dengan sang anak yang terlihat sangat dekat dan harmonis pun kerap dibagikan di media sosial.

Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, pada Selasa (8/11).

 

 

 

Mgg: FENI LISTIYANI