Brilio.net - Jepang bisa dikatakan negeri yang berisi kekontrasan. Negeri Sakura ini merupakan negara maju sekaligus menjunjung tinggi budaya. Modernitas dan kearifan lokal hidup berdampingan di sana.

Kita bisa melihat banyak temuan teknologi robot futuristik dan di sisi lain masih ada tempat-tempat pemujaan kuno di Jepang. Sering pula ditemui wanita-wanita Jepang yang mengenakan kimono, sementara di sisi lain penggiat cosplay juga tak terbendung.

Hal-hal unik juga banyak ada di Jepang. Mulai dari makanan hingga hunian rumah. Nah, kali ini ada bangunan rumah unik di Jepang.

Selain unik, harganya pun murah, tak seperti rumah-rumah mungil di Jepang pada umumnya yang berharga super mahal.

Mengandalkan satu pilar sebagai penyangga, rumah unik ini disebut warganet Jepang mirip hunian Kitaro di anime GeGeGe no Kitaro.


rumah mungil jepang berbagai sumber

Rumah Kitaro/foto: Twitter/@tonariocamaro

Rumah yang dibanderol seharga 1,3 juta yen atau Rp 168 juta di situs jual-beli properti ini terbilang murah di sana, sebagaimana dikutip Brilio.net dari soranews24, Selasa (15/1).

rumah mungil jepang berbagai sumber

foto: nissin-home.com

Meski tampak mungil, ternyata isi rumah yang berlokasi di Horikiri, Izu, kawasan Shizuoka Prefecture, Jepang ini komplet, bahkan terdiri dari dua lantai. Di lantai 1 ada 1 kamar, ruang bersantai, ruang makan dan dapur, serta kamar mandi. Sementara itu, di lantai 2 ada 1 ruangan.

rumah mungil jepang berbagai sumber

Denah ruangan rumah (kiri lantai 1, kanan lantai 2)/foto: nissin-home.com

Nah, mau tahu seperti apa sudut-sudut ruangan rumah berukuran 55,89 meter persegi ini? Berikut potretnya seperti dilansir Brilio.net dari nissin-home.com.

1. Inilah penampakan ruang bersantai yang menyambung dengan ruang makan dan dapur.

rumah mungil jepang berbagai sumber


2. Sambil menikmati makanan, bisa melihat area luar rumah, nih.

rumah mungil jepang berbagai sumber


3. Dapur super minimalis yang oke buat hidup sendiri atau berdua bareng pasangan.

rumah mungil jepang berbagai sumber


4. Toilet atau WC-nya terpisah lho dengan kamar mandi.

rumah mungil jepang berbagai sumber


5. Kamar mandi rumah ini terkoneksi dengan sumber air panas. Iuran bulanannya sekitar 11.000 yen atau Rp 1,4 juta untuk 20 ribu liter air. Bikin penghuni sepuasnya berendam air panas.

rumah mungil jepang berbagai sumber


6. Kamar di lantai 1 berisi 2 tempat tidur. Jendelanya yang cukup lebar membuat cahaya matahari bisa bebas menerobos masuk.

rumah mungil jepang berbagai sumber


7. Ini ruangan di lantai 2 yang memiliki lantai tradisional bernama tatami. Bisa untuk bersantai atau kamar tidur jika ada teman atas saudara datang.

rumah mungil jepang berbagai sumber


Nah, itu tadi isi rumah mungil yang dibangun sejak September 1976. Lebih lanjut, rumah yang terletak di lahan seluas 138 meter persegi ini memiliki biaya perawatan properti sebesar 1.000 yen atau sekitar Rp 130 ribu per bulan.

Walaupun berlokasi di daerah pedesaan, hanya butuh 8 menit naik mobil untuk mencapai pusat perbelanjaan terdekat, serta klinik, kantor pos, toko serba ada, dan bank. Rumah ini berjarak 10 menit berjalan kaki dari halte bus terdekat, dan 4,5 kilometer dari stasiun Shuzenji. Jadi penasaran gimana tinggal di rumah ini kan, Sobat Brilio?