Brilio.net - Kamu hobi masak? Tentunya alat masak yang paling sering kamu pakai salah satunya adalah talenan. Tak bisa dianggap sepele, talenan seperti sudah mendarah daging dan salah satu peralatan yang wajib ada ya, ladies. Karena sebagai alas makanan, talenan mudah sekali jadi sarang bakteri dan kotoran jita tak bersih saat membersihkannya.

Jangan disepelekan, ternyata ada beberapa kesalahan dalam penggunaan talenan yang sering tak kamu sadar, lho. Berikut ini adalah kesalahan penggunaan talenan yang sering kamu lakukan yang dikutip brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (25/2).

1. Malas mengganti talenan lama

Ini kesalahan pemakaian talenan yang tak kamu sadari

foto: cleanipedia.com

Loading...

Talenan harus lurus rata permukaannya agar bahan makanan bisa terpotong dengan baik. Jika sudah lama dipakai, talenan umumnya akan cekung di bagian tengah atau bagian yang sering dipakai. Jika kondisi talenan seperti ini sebaiknya ganti segera. Jika dibiarkan menipis dan bergurat banyak, bakteri dan kotoran akan mudah bersarang dalam permukaan talenan. Talenan juga tak baik lagi fungsinya.

2. Malas menyikat permukaan talenan

Ini kesalahan pemakaian talenan yang tak kamu sadari

foto: ayunda.co

Jadi, guratan pisau pada talenan kayu dan plastik sering meninggalkan guratan yang lama kelamaan bisa dalam. Kotoran pun mudah bersarang dalam bekas guratan. Akibatnya sering muncul jamur. Karena itu talenan harus dicuci bersih dan sikat dengan sikat kawat agar kotoran terangkat bersih.

3. Memakai talenan yang ukurannya kekecilan

Ini kesalahan pemakaian talenan yang tak kamu sadari

foto: darkwin98.wordpress.com

Seringkali pemakaian talenan asal talenan. Benar tidak? Seringkali kamu tidak memperhitungkan banyaknya bahan-bahan yang dipotong atau dicincang. Akibatnya talenan kecil sering dipaksakan untuk mempersiapkan bahan dalam jumlah banyak. Bahan makanan yang dipotongpun berceceran atau tumpah ke luar talenan sehingga menjadi kotor. Talenan sebaiknya saat dipakai masih menyediakan ruang cukup untuk pergerakan pisau mengiris atau mencincang sehingga bahan makana bisa disiapkan dengan baik.

4. Memakai talenan yang sama untuk daging dan sayur

Ini kesalahan pemakaian talenan yang tak kamu sadari

foto: id.aliexpress.com

Berapa talenan yang kamu miliki di dapur? Minimal kamu harus punya dua talenan lho, ladies. Satu untuk memotong daging sapi, ayam dan ikan. Yang satu lagi untuk mengolah sayuran dan buah. Talenan yang sama jika dipakai untuk memotong daging, ayam dan seafood dan sayuran bisa memicu risiko kontaminasi silang. Mengingat ayam mentah bisa mengandung bakteri salmonella. Sebaiknya gunakan dua talenan dengan warna berbeda untuk mempersiapkan dua bahan berbeda, ya.