Brilio.net - Benda kecil di dalam dapur, spons, ternyata lebih kotor ketimbang toilet. Perbandingannya adalah 200.000 kali lipat. Sungguh mengejutkan bukan? Bahkan spons yang kita gunakan untuk mencuci piring ini ternyata mengandung 10 juta bakteri dalam setiap inch perseginya. Sungguh tidak biasa bukan?

Efek paling mengerikan dari spons adalah bisa mengakibatkan paralysis alias tubuh kamu tidak bisa bergerak. Ya, penyebabnya tidak lain adalah bakteri dari spons itu sendiri.

Bahaya spons pencuci piring tularkan penyakit berbahaya, fatal banget!

Lebih bahayanya lagi adalah jika kita selalu meletakkan spons dalam keadaan basah setelah kita gunakan sebagaimana dikutip oleh brilio.net dari Buzzfeed, Minggu (21/2). Berdasarkan para ahli, meletakkan spons dalam kondisi seperti ini ternyata bisa mengundang bakteri dan kuman lebih banyak lagi. Jadi ngeri bukan?

SUDAH BACA INI? --> Penelitian terbaru WHO: TBC jadi penyakit paling mematikan setelah HIV

Loading...

Selain itu, penggunaan spons ternyata juga ada batasnya. Jangan sampai kamu baru menggantinya ketika sudah benar-benar buluk. Para ahli menyarankan agar kita mengganti spons untuk mencuci piring sebulan sekali.

Bahaya spons pencuci piring tularkan penyakit berbahaya, fatal banget!

Selain itu, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan soal spons ini. Pertama biasakan untuk selalu mengeringkan spons setelah dipakai. Akan tetapi jangan menggunakan microwave, lebih baik di bawah sinar matahari. Selain menggantinya secara rutin, jangan gunakan spons untuk membersihkan jus. Setelah dicuci dengan spons, laplah perkakas dapur dengan menggunakan tisu atau handuk agar bakteri tidak menyebar.