Brilio.net - Dekorasi dan interior sebuah ruangan di rumah memiliki peran yang sangat penting. Tak hanya sebagai hal yang mempercantik tempat tinggal, dekorasi juga memiliki pengaruh penting dalam memengaruhi kondisi kejiwaan penghuni rumah.

Tahukah kamu, dekorasi ternyata berperan dalam mengurangi stres. Tak bisa dipungkiri, rasa stres kerap melanda seseorang setelah melakukan rutinitas yang melelahkan. Oleh karena itu, rumah sebagai tempat beristirahat harus didukung dengan dekorasi yang tepat untuk memberikan kenyamanan, termasuk dalam hal mengurangi stres setelah seharian bekerja.

Lantas dekorasi yang seperti apa yang dimaksud? Dilansir liputan6.com dari PureWow, Kamis (18/7), berikut 6 dekorasi ruangan di rumah yang dapat menurunkan stres.

1. Tanaman di setiap ruangan.

dekorasi stres © 2019 brilio.netfoto: brownstoner.com

Loading...

Menambahkan tanaman di setiap ruangan tak hanya menjadi membuat tampilan di rumah makin apik, tetapi juga ada manfaat lain seperti membersihkan udara dari racun dan menghasilkan oksigen yang membuat ruang terasa lebih segar.

Tanaman ini juga dapat menenangkan. Dalam satu penelitian penting, para peneliti menemukan berinteraksi dengan tanaman dalam ruangan seperti menyiram, mencium, atau menyentuh dapat mengurangi stres.

2. Dekorasi berwana biru.

dekorasi stres © 2019 brilio.net-foto: dmarge.com

Warna biru memiliki dampak yang kuat untuk suasana hati. Warna ini juga mempunyai kaitan dengan pengurangan stres, penurunan denyut jantung, bahkan peningkatan kualitas tidur.

3. Jendela yang terbuka.

dekorasi stres © 2019 brilio.netfoto: hgtv.com

Jendela bermanfaat dalam meminimalkan sinar matahari yang kaya vitamin D yang sangat dibutuhkan tubuh. Kurangnya sinar matahari bahkan diyakini mengganggu ritme sirkadian atau "jam tubuh" yang dapat menyebabkan kecemasan dan depresi yang tinggi.

Anda dapat mengikuti petunjuk ala Skandinavia yang super manis dengan menyingkirkan tirai di ruangan yang Anda tidak memerlukan privasi khusus.

4. Fengshui di ruang tidur.

dekorasi stres © 2019 brilio.net-foto: geranium.com

Untuk membersihkan kamar Anda dari stres, coba pertimbangkan fengshui ala China Kuno yang meyakini menyelaraskan ruang fisik dan energi pribadi.

Hal yang wajib diperhatikan dari kamar tidur sesuai fengshui adalah kepala tempat tidur yang tepat. Hal tersebut dapat membuat Anda merasa aman dan nyaman di malam hari. Lalu, tempat tidur yang tidak sejajar dengan pintu.

5. Hadirkan bahan tekstil lembut.

dekorasi stres © 2019 brilio.net-foto: pixabay.com

Ketika mengalami kecemasan, seseorang memiliki sensitivitas dan apresiasi yang meningkat pada hal-hal yang bertekstur lunak. Tips untuk dekorasi adalah hal yang super lembut dan nyaman seperti menghadirkan bantal, selimut, hingga permadani.

6. Memisahkan barang elektronik yang ada layarnya.

dekorasi stres © 2019 brilio.net-foto: home-designing.com

Menghabiskan waktu di depan layar televisi maupun komputer yang berlebihan dapat menyebabkan stres dan stimulasi berlebihan. Sangat direkomendasikan tempat untuk komputer atau laptop di sudut meja dan menjauhkan letak televisi.