Brilio.net - Memasak memang asyik ya? Saking asyik memasak, tak peduli dapur jadi kotor. Meskipun sudah dibersihkan, tak jarang bau tak sedap masih menguasai area dapur. Kira-kira kamu harus bagaimana? Karena membersihkan sekadarnya saja tak busa bikin baunya hilang begitu saja. Ya kan?

Tapi kamu nggak perlu khawatir. Enam tips berikut ini bisa kamu terapkan untuk mengusir bau tak sedap di dapur, sebagaimana dikutip brilio.net dari laman boldsky, Rabu (9/3):

1. Air kulit jeruk

Kalau ingin mengusir bau busuk di dapur, selain membersihkan sumber bau busuk, kamu bisa mencoba ramuan rendaman air kulit jeruk. Rebus air sampai mendidih, lantas kecilkan api, dan tambahkan kulit jeruk ke dalam air tersebut. Biarkan kulit dan air mendidih selama dua menit, kemudian tambahkan kayu manis. Kamu juga bisa menambahkan kapulaga atau rempah-rempah wangi lainnya. Kemudian biarkan uapnya menyebar ke seluruh ruangan dapur.

2. Gunakan roti panggang

Loading...

Roti panggang memang yummi ya, Sobat Brilio? Tapi ternyata manfaatnya juga nggak kalah keren lho. Gunakan roti panggang untuk menyerap permukaan benda-benda di dapur yang baunya nggak sedap. Mau coba?

3. Baking soda

Baking soda menjadi bahan yang sempurna untuk menyerap asam di udara setelah memasak yang menyeruakkan aroma tak sedap. Taburkan saja di beberapa sudut dapur. Setelah bau tak sedap seperti amis, busuk, atau bakar lenyap, kamu bisa membersihkan sisa baking soda tersebut.

4. Air lemon

Ini berlaku untuk lemari es. Kalau lemari es beraroma tak sedap, coba deh menempatkan semangkuk air lemon di dalamnya selama 10 menit. Setelah itu, keluarkan air lemon dalam mangkuk itu dan rasakan perubahan aromanya.

5. Sabun gula

Memangnya ada sabun gula? Jadi, untuk menghilangkan bau tak sedap di dapur yang menempel di tangan kamu, kamu bisa menggosok gula di telapak tangan kemudian campur gosokan itu dengan sabun cuci tangan. Sebab, biasanya sabun cuci tangan biasa belum tentu sepenuhnya menghilangkan bau tak sedap, semisal terasi. Iyuh banget kan, kalau sudah cuci pakai sabun tapi masih bau terasi? Campuran gula dan sabun ini bisa jadi solusinya.

6. Cuka dan kayu manis

Kamu cukup merendam kayu manis di dalam larutan cuka. Letakkan mangkuk berisi cuka dan kayu manis di suatu sudut dapur kemudian biarkan dia bekerja mengusik aroma tak sedap.

Yuk, cobain sendiri gih, di rumah kamu. Selamat mencoba, Sobat Brilio!