Brilio.net - Bau ruangan dan udara di sekitar yang nggak sedap bisa berpengaruh pada suasana hati dan membuat kamu mudah emosi.  Untuk itu perlu kamu menghadirkan aroma alam di ruangan. Dijamin deh  bisa membuat kamu selalu fresh dan bersemangat.

Membuat aroma alami dalam ruangan pun tidak perlu mahal. Banyak buah-buahan atau dedaunan di sekitar kita yang bisa dimanfaatkan untuk menghadirkan aroma alami itu. Cara meraciknya pun tidak sulit. Cukup mencampurkan beberapa buah dan dedaunan itu dalam air. Dalam waktu singkat, suasana segar itu pun hadir. Dan kita pun bisa menikmatinya dengan bernapas sedalam-dalamnya dan merasakan kenikmatannya.

Berikut beberapa racikan yang bisa kamu buat di rumah untuk menghadirkan aroma alami.

1. Mentimun, kemangi, dan serai.

pewangi alami © 2016 brilio.netfoto: Ruslan Mitin/shutterstock

Loading...

Bau tajam dari kemangi dicampur dengan kesegaran mentimun dan serai akan cepat menjadi favorit bagi kamu yang ingin mencari sesuatu untuk merangsang indra. Potong beberapa irisan mentimun, dan taruh dalam air. Tambahkan beberapa tangkai kemangi dan beberapa tetes minyak esensial serai.- -2. Perpaduan apel, kayu manis, cengkeh dan bunga lawing.

pewangi alami © 2016 brilio.netfoto: Shutterstock/Arina P Habich

Dari empat bahan ini mungkin hanya bunga lawang yang susah dicari, namun jika tanpa itu pun bisa menghadirkan aroma ruangan yang mengasyikkan dan cocok dengan suasana di musim panas dan dingin.

Untuk membuatnya, iris tipis beberapa apel dan tempatkan dalam toples berisi air. Tambahkan beberapa batang kayu manis, beberapa cengkeh, dan beberapa potongan bunga lawang. Kamu dapat memodifikasi aroma ini dengan mengubah rasio bahan.- -3. Lemon, jeruk nipis, rosmarin dan vanilla.

pewangi alami © 2016 brilio.netfoto: Shutterstock/Tatiana Bralnina

Rosmarin dan vanila cukup mendominasi dalam aroma hasil racikan ini. Rosmarin adalah tumbuhan penghasil rempah-rempah dan bumbu masak dengan nama sama. Cara meraciknya, potong lemon dan jeruk nipis menjadi irisan kecil dan tempatkan dalam toples berisi air. Tambahkan beberapa tetes ekstrak vanila dan 3-4 tangkai rosemarin.- -4. Lemon, thyme, mint, dan ekstrak vanilla.

pewangi alami © 2016 brilio.netfoto: Shutterstock/Elena Zajchikova

Thyme terkenal sebagai tanaman yang berkhasiat universal. Biasanya ditanam di Eropa, Afrika Utara dan Asia. Gabungan empat bahan ini melahirkan kesegaran yang membuat penikmatnya merasa berada di alam.- -5. Jeruk, jahe dan almond.

pewangi alami © 2016 brilio.netfoto: Shutterstock/ Odia Images

Campuran aroma manis dan pedas pada almond yang dipadukan dengan bau jus jeruk membuat untuk kombinasi sempurna. Potong sebuah jeruk menjadi irisan bulat tebal, tempatkan dalam botol, dan tuangkan dalam air. Tambahkan beberapa iris lemon untuk membuat aroma bahkan lebih segar. Kamu juga dapat menggunakan beberapa jahe segar (potong-potong kecil).-Selain beberapa racikan di atas, kamu bisa mengombinasikan sendiri aroma yang kamu inginkan dengan berbagai bahan yang mudah dicari di sekitarmu. Patut dicoba.-