Brilio.net - Apa sih yang terbayang dalam benakmu jika mendengar rempah-rempah? Kalau tidak bumbu masakan pastilah jamu sebagai minuman tradisional.Nggak hanya menambah cita rasa masakan, rempah-rempah juga memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh lho, mulai dari memberi perlindungan dari beragam penyakit, hingga menyembuhkan sakit tertentu.

Berikut rempah-rempah yang dipercaya berkhasiat untuk kesehatan yang brilio.net himpun dari berbagai sumber.

1. Kayu Manis

Jenis rempah-rempah yang satu ini biasanya dapat ditemukan di dalam roti, kue dan minuman. Tapi tahukah kamu, ternyata kayu manis disebut-sebut berkhasiat untuk kesehatan, antara lain membantu mencegah radikal bebas dalam tubuh, mendorong nafsu makan untuk orang yang sedang sakit, meningkatkan produksi sel tubuh yang bisa membantu proses metabolisme, serta mengurangi risiko penyakit diabetes dan jantung.

2. Kunyit

Loading...

Kunyit termasuk sebagai tanaman yang banyak tumbuh di Indonesia. Kunyit memiliki rasa sedikit pahit, hangat dan memiliki warna kuning. Manfaat kunyit antara lain adalah, mempercepat proses penyembuhan dan meningkatkan stamina tubuh, mengurangi gejala flu,  melancarkan pernafasan, mengandung kurkumin yang bisa mencegah radikal bebas dalam tubuh, meringankan rasa sakit di persendian, melawan penyakit jantung, Alzheimer, dan diabetes, menyembuhkan diare dan masalah organ pencernaan serta menghambat pertumbuhan sel kanker dan tumor.

3. Bawang Putih

Layaknya kunyit, rempah-rempah yang cukup akrab dengan masakan sehari-hari masyarakat Indonesia ini ternyata juga memberikan manfaat yang luar biasa terhadap kesehatan tekanan darah. Bawang putih terbukti dapat membantu dalam menurunkan tekanan darah, karena kandungan di dalamnya dapat membuat pembuluh darah melebar dan lebih rileks. Efeknya, aliran darah menjadi lebih bebas dan tekanan di dalam pembuluh darah menurun.

4. Kapulaga

Rempah-rempah yang memiliki rasa dan aroma yang kuat ini juga dipercaya mempunyai khasiat tersendiri untuk tubuh, yakni mengeluarkan racun dari dalam tubuh serta membantu menurunkan potensi pertumbuhan sel kanker dan sel tumor.

6. Pala

Pala adalah jenis rempah-rempah yang dihasilkan dari pohon pala atau dikenal dengan nama biologis Myristica fragrans. Pala termasuk salah satu rempah asli Indonesia. Pala kering bisa menjadi bumbu atau obat dengan cara ditumbuk atau diparut. Rempah ini dipercaya bermanfaat untuk mencegah kerusakan gigi dan gigi berlubang, melawan pertumbuhan bakteri di dalam mulut dan gigi, melawan infeksi dalam tubuh dan mengandung senyawa anti inflamasi yang bisa menurunkan risiko kanker dan melawan pertumbuhan tumor.

7. Jinten

Jinten memiliki bentuk biji-bijian dengan aroma yang kuat. Jinten dipercaya memiliki khasiat mendorong produksi zat besi dan mineral tubuh, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah flu dan demam, meningkatkan sistem ingatan dan mendorong reaksi otak, serta membantu mengelola ingatan terutama untuk orang lanjut usia.

8. Lada hitam

Tumbuhan lada banyak ditemukan di Indonesia. Lada hitam adalah jenis rempah butiran yang memiliki rasa kuat dan sedikit pedas. Beberapa manfaat yang dapat kita peroleh adalah membantu menurunkan tingkat kolesterol yang tinggi, membantu tubuh menghambat penyerapan kolesterol sehingga membuat kadar lemak tidak terlalu tinggi.