Brilio.net - Memiliki rumah tentu saja menjadi impian semua orang. Namun untuk mencari lokasi yang ideal tentu bukan perkara mudah. Banyak aspek yang harus dipertimbangkan, mulai dari lokasinya sendiri, akses, hingga keamanan.  

Nah kini Bintaro dan Jakarta Timur menjadi dua lokasi yang makin dilirik. Kedua lokasi ini bisa menjadi pertimbangan utama saat kamu mengincar rumah terjangkau. Kedua lokasi ini masih memiliki ketersediaan lahan yang cukup banyak, sehingga tak heran jika keduanya kini menjadi kawasan sunrise property.

Ada beberapa keuntungan yang bisa didapat dari kedua wilayah ini. Penasaran apa saja keuntungannya? Ini dia.

1. Fasilitas lengkap

Properti Bintaro dan Jakarta Timur © 2021 brilio.netpropertyandthecity.com

Loading...

Banyak orang berpikir Jakarta Timur memiliki fasilitas lebih lengkap dibandingkan Bintaro, karena statusnya sebagai bagian dari ibukota. Padahal, Bintaro pun tak kalah lengkap dalam hal fasilitas serta sarana dan prasarananya.

Bintaro juga sebenarnya merupakan bagian dari ibukota Jakarta, karena Bintaro pertama dikembangkan di Jakarta Selatan dan baru belakangan meluas hingga ke Tangerang Selatan, Provinsi Banten. Tak heran jika fasilitas lengkap juga dimiliki Bintaro, mulai dari sarana kesehatan, pendidikan, transportasi hingga hiburan.

2. Harga properti terus meningkat

Properti Bintaro dan Jakarta Timur © 2021 brilio.netPemkot Jakarta Timur Youtube

Dengan fasilitas serta sarana dan prasarana yang super lengkap, tentu saja hal ini secara langsung ikut memengaruhi harga rumah di kedua wilayah ini yang terus meningkat. Meskipun saat ini rumah yang kamu ingin beli harganya cukup terjangkau, namun melihat pertumbuhan yang dialami kedua wilayah ini, tak menutup kemungkinan jika kenaikan harga properti akan sangat signifikan dari tahun ke tahun.

Tentu saja hal ini merupakan indikasi yang baik, terutama bagi kamu yang ingin menjadi investor properti. Jadi, tak perlu berpikir panjang untuk segera membeli rumah terjangkau di wilayah ini.

3. Aksesibilitas yang mudah dan terjangkau

Hunian Jakarta Timur © 2021 brilio.netPemkot Jakarta Timur Youtube

Aksesibilitas Jakarta Timur tak perlu diragukan lagi. Selain KRL, TransJakarta, dan LRT, wilayah ini juga memiliki terminal besar yang melayani antarkota dan antarprovinsi seperti Kampung Rambutan, Pulo Gadung, dan yang terbaru adalah Terminal Pulogebang.

Bintaro pun tak kalah. Wilayah ini sekarang jauh lebih mudah diakses dibanding beberapa tahun lalu. Dulu mungkin hanya tersedia angkutan kota sebagai transportasi umum, kini membeli rumah di Bintaro sangat menguntungkan karena daerah ini sudah memiliki beragam pilihan moda transportasi. Bintaro, kini diapit jalan tol dan juga jalur transportasi umum, mulai dari KRL hingga jalur bus Transjakarta serta Transjabodetabek. Dekat Bintaro, tepatnya di Lebak Bulus, juga tersedia akses MRT bagi warga Bintaro yang bekerja di pusat kota.

Nah dengan segala kelebihan yang ditawarkan kedua kawasan ini, mungkin kamu masih bingung, mana yang akan dipilih? Sebelum memutuskan, beberapa aspek berikut mungkin bisa menjadi pertimbangan.

1. Lokasi keseharian kamu

2 Area Jakarta © 2020 brilio.net@yans_brilio

Faktor utama yang bisa jadi pertimbangan adalah lokasi kantor atau tempat usaha kamu. Apakah lebih dekat dari Jakarta Timur atau Bintaro? Jika kamu  pengguna transportasi umum, apakah aksesnya cukup mudah dari rumah?

2. Fasilitas di dekat lokasi rumah

Properti Bintaro dan Jakarta Timur © 2021 brilio.netMal Bintaro Jaya Xchange (lysaghtasean.com)

Meski kini bukanlah hal yang sulit untuk pergi ke mana saja berkat beragamnya pilihan moda transportasi yang tersedia, tentu akan jauh lebih nyaman jika terdapat beragam fasilitas di sekitar rumah. Misalnya rumah sakit, sekolah, pasar, supermarket, hingga mal.

3. Pilihan hunian yang ada

Properti Bintaro dan Jakarta Timur © 2021 brilio.netbintarojaya.id

Baik di Bintaro maupun Jakarta Timur, ada banyak sekali pilihan perumahan yang tersedia, mulai dari perumahan sederhana hingga yang berkonsep klaster. Kamu tinggal mencari yang cocok dengan budget dan selera.