Brilio.net - Dalam kehidupan sehari-hari, kamu banyak tak menyadari jika ada berbagai cara sederhana yang lebih efektif jika dilakukan dengan baik. Termasuk saat berada di dapur dan berjibaku dengan berbagai masalah makanan. Nah, berikut ini brilio.net rangkum dari Bright Side, Selasa (9/8), ada 13 trik sederhana nan cerdas yang berguna banget untuk diterapkan dalam keseharian:

1. Cara memakan Strowberi.

Cara memakan Strowberi tidak dengan mencabut tangkainya, melainkan menusuk dengan sedotan agar langsung bisa dimakan tanpa memotong lagi.

2. Jus yang benar-benar fresh.

Tidak perlu memotong dan memblender buah yang akan dibuat jus. Cukup lubangi dan gunakan mixer untuk menjadikannya jus.

3. Memotong bumbu dapur yang kecil.

Bumbu dapur yang kecil membutanya lelah memotong jika satu per satu. Gunakan tutup gelas plastik di atas dan bawahnya lalu potong dari tengah.

4. Cara mengupas kulit pisang.

Cara mengupas kulit pisang banyak yang keliru sehingga menimbulkan sampah kulit yang kadang berlebih. Padahal cukup buka dari ujung pisang sehingga tanpa perlu mengupas kulitnya berkali-kali.

5. Mengupas kulit jeruk.

Tidak perlu membuat banyak sampah kulit. Cukup potong di kedua ujung jeruk sehingga tinggal menariknya jika hendak dimakan.

6. Mengelupas mangga.

Lebih cepat dan praktis menggunakan gelas dibanding harus memakai pisau kan?

7. Membuat adonan yang bulat dalam keadaan buru-buru.

Jika kamu buru-buru, maka ada baiknya potong saja adonannya sehingga kamu bisa memasak dua adonan sekaligus dalam satu kali kukusan.

Kamu baru tahu kan? KLIK NEXT untuk melihat trik yang lebih berguna.

2 dari 2 halaman

8. Sarapan darurat yang lebih kenyang dan sehat.

Tidak hanya cookis saja yang bisa kamu makan. Gunakan salah satu ruang untuk diisi susu sehingga lebih kenyang dan sehat tentunya.

9. Es kopi.

Jangan gunakan es batu untuk membuat es kopi. Masukkan saja kopi pada freezer sehingga rasanya tidak berubah.

10. Agar sayuran berair tidak busuk di kulkas.

Jika kamu ingin sayuran seperti tomat tidak busuk, potong dan cuci sebelum masuk kulkas. Tak lupa kantongi sayuran itu memakai plastik sehingga tidak layu karena terlalu kedinginan.

11. Agar bahan lalap atau dedaunan tidak layu.

Letakkan pada wadah tertutup dengan memasukkan kertas tisu satu lembar. Cara ini membuat air yang menguap terserap tisu sehingga sayuran tidak membusuk.

12. Menghilangkan bekas minyak.

Usai menggunakan pencetak roti atau masakan lain, biasanya ada banyak minyak tersisa. Letakkan beras di dalamnya sehingga minyak akan hilang diserap.

13. Mengambil kuning telur.

Tidak perlu alat khusus, cukup gunakan botol air mineral untuk memisahkan kuning dengan putih telurnya.