Brilio.net - Munculnya rambut beruban di usia muda mungkin membuat sejumlah orang panik. Pasalnya, rambut berubah warna menjadi putih saat berusia 20 tahun ini bikin rasa percaya diri berkurang. Bahkan, secara keseluruhan bisa mengganggu penampilan kamu. Sebelum uban menyebar merata keseluruh bagian bagian rambut, kamu perlu mencegah munculnya uban.

Sebelum lanjut membahas mengenai cara cegah munculnya uban, kamu perlu mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Faktor pertama yang sering terjadi pada seseorang adalah penuaan. Ketika usia semakin bertambah, folikel rambut cenderung mengalami penurunan produksi melanin, menyebabkan perubahan menjadi putih atau abu-abu.

Faktor berikutnya yang memengaruhi adalah stres berlebihan. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa stres emosional atau fisik dapat mempercepat proses munculnya uban. Stres menyebabkan peningkatan produksi radikal bebas dalam tubuh, yang dapat merusak folikel rambut dan memengaruhi produksi melanin.

Selain faktor di atas, kekurangan nutrisi seperti vitamin B12, tembaga, dan zinc, juga berkontribusi memicu munculnya uban. Nutrisi yang tidak terpenuhi dengan baik, diketahui bisa mengganggu kesehatan rambut dan memperlambat produksi melanin.

Itulah sejumlah faktor yang menyebabkan rambut putih tumbuh di kulit kepala. Agar rambut uban meregenerasi dan tumbuh hitam kembali, kamu bisa mencegahnya dengan perawatan topikal. Cara inilah yang dilakukan oleh seorang beauty vlogger dengan kanal YouTube @ashucreativity7240.