Brilio.net - Tahukah kamu apa itu rumus usaha dalam fisika? Dalam mata pelajaran yang masih bagian dari Ilmu Pengetahuan Alam ini, rumus usaha dalam fisika jadi salah satu rumus yang familiar untuk dipelajari.

Rumus usaha dalam fisika pun dijadikan alat untuk mengukur sebuah fenomena yang ternyata sangat berkaitan dengan kegiatan banyak orang setiap harinya. Misalnya saat mendorong atau mengangkat barang-barang, kamu perlu melakukan usaha untuk memindah barang itu dari satu tempat ke tempat lain.

Misalnya lagi, saat mengangkat keranjang belanjaan dari mobil ke dalam rumah, kamu melakukan usaha untuk mengangkatnya melawan gravitasi. Di situ pula rumus usaha dalam fisika bekerja.

Nah, untuk lebih jelasnya memahami rumus usaha dalam fisika, kamu bisa menyimak penjelasan lengkap di bawah ini. Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (1/11) berikut penjelasan tentang rumus usaha dalam fisika, pahami pengertian, contoh soal serta cara mengerjakannya.

Rumus usaha dalam fisika freepik.com

foto: freepik.com

Pengertian usaha dalam fisika

Usaha dalam fisika adalah konsep yang menggambarkan energi yang digunakan saat gaya diterapkan pada suatu benda untuk memindahkannya sejauh jarak tertentu. Secara matematis, usaha (W) yang dilakukan pada suatu benda adalah hasil dari gaya (F) yang diterapkan pada benda sepanjang jarak (d) searah dengan gaya tersebut. Usaha diukur dalam satuan joule (J).

Rumus usaha dalam fisika

Adapun rumus usaha dalam fisika (W) dapat dirumuskan sebagai berikut:

W = F x d x cos(θ)

Catatan:
- W adalah usaha dalam joule (J).
- F adalah gaya yang diterapkan pada benda dalam newton (N).
- d adalah jarak yang ditempuh oleh benda dalam meter (m).
- cos(θ) adalah sudut antara arah gaya yang diterapkan dan arah perpindahan benda.

Rumus usaha dalam fisika freepik.com

foto: freepik.com