Brilio.net - Tahukah kamu, dalam fisika ada yang dinamakan rumus gelombang. Rumus ini didasari oleh fenomena gelombang yang mendasari banyak aspek di alam semesta. Gelombang adalah salah satu cara di mana energi bisa dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain tanpa transfer materi secara fisik. Segala macam energi yang ada di alam semesta ini pasti mempunyai dinamika yang disebabkan oleh keberadaan gelombang.

Gimana udah mulai bingung? Kalau iya, langsung aja deh simak penjelasan lengkap tentang rumus gelombang mulai dari pengertian, jenis, cepat rambat, contoh soal, dan cara mudah mengerjakannya. Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (1/11).

Pengertian gelombang.

Gelombang dapat didefinisikan sebagai getaran atau gangguan yang merambat melalui medium atau ruang hampa. Ini bisa terjadi dalam berbagai bentuk, termasuk gelombang mekanik dan gelombang elektromagnetik. Sifat-sifat gelombang ini bisa bervariasi, termasuk frekuensi, panjang gelombang, amplitudo, dan kecepatan rambat.

Dalam fisika, konsep gelombang adalah bagian integral dari banyak bidang, seperti optik, akustik, elektromagnetisme, dan mekanika. Pengetahuan tentang gelombang sangat penting dalam memahami fenomena alam sekitar.