Brilio.net - Dalam ilmu fisika, rumus gaya Coulomb adalah salah satu prinsip dasar dalam elektrostatika yang menggambarkan gaya antara dua muatan listrik yang terpisah. Rumus Gaya Coulomb sendiri ditemukan oleh fisikawan asal Prancis, Charles-Augustin de Coulomb. Dia memberikan dasar untuk pemahaman interaksi listrik antara partikel bermuatan.

Pengetahuan tentang gaya Coulomb sangat penting dalam memahami elektrostatika, medan listrik, dan berbagai aplikasi dalam kehidupan sehari-hari, seperti listrik statis, interaksi antara muatan, dan perilaku muatan listrik dalam sistem listrik.

Nah, untuk lebih jelasnya kamu bisa simak baik-baik penjelasan berikut ini. Seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (31/10). Berikut penjelasan tentang rumus gaya coulomb, pahami pengertian, contoh soal dan cara mudah mengerjakannya.

Pengertian Gaya Coulomb

Gaya Coulomb adalah gaya tarik-menarik atau tolak-menolak antara dua benda yang bermuatan listrik, yang bergantung pada besar muatan listrik kedua benda dan jarak di antara keduanya.

Hukum Coulomb menyatakan bahwa gaya antara dua muatan sebanding dengan hasil perkalian dari besar muatan-muatan tersebut dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak di antara keduanya.

Rumus Gaya Coulomb

Rumus gaya coulomb freepik.com

Rumus gaya coulomb
pexels.com

Rumus untuk menghitung gaya Coulomb adalah:

F = k x ( |q1 x q2| ) : r²

Catatan:
- F adalah gaya Coulomb antara dua muatan,
- k adalah konstanta elektrostatika, yang nilainya sekitar 8.9875 x 10 N m²/C²,
- q1 dan q2 adalah muatan dari dua benda
- r adalah jarak di antara kedua muatan.