Brilio.net - Apakah kamu pernah merasakan sensasi seperti kesetrum saat menyentuh gagang pintu? Atau melihat rambutmu berdiri saat menyentuh bola besi yang berputar? Jika ya, maka kamu telah mengalami fenomena yang berkaitan dengan medan listrik.

Medan listrik memiliki banyak sifat dan rumus yang penting untuk kamu ketahui. Pasalnya rumus medan listrik ini kerap muncul dalam ujian sekolah maupun ujian nasional.

Nah, untuk menyelesaikan soal-soal seputar rumus medan listrik tidak sulit kok. Kamu hanya perlu memahami konsep pengertian dan rumusnya. Yuk simak penjelasan lengkap yang disajikan brilio.net seputar rumus medan listrik yang dilansir dari berbagai sumber pada Kamis (26/10).

Pengertian medan listrik.

Rumus medan listrik  © 2023 brilio.net

foto: freepik.com

Medan listrik ialah daerah di sekitar muatan listrik yang masih dipengaruhi oleh gaya listrik. Medan listrik bisa dideskripsikan sebagai garis gaya atau garis medan. Medan listrik memiliki satuan N/C (Newton per coulomb). Medan ini merupakan suatu konsep fisika yang menggambarkan cara muatan listrik memengaruhi muatan lain dalam jarak tertentu. Dalam medan listrik, muatan listrik dapat merasakan gaya listrik yang diberikan oleh muatan lain dalam medan tersebut. Medan listrik memiliki satuan volt per meter (V/m).

Adanya medan listrik karena terdapat muatan listrik didalamnya. Muatan listrik, baik positif maupun negatif, menciptakan medan listrik di sekitarnya. Medan listrik diciptakan oleh muatan positif dengan "garis-garis medan" yang berjalan menjauh dari muatan positif dan menuju ke muatan negatif atau muatan lain dalam suatu ruang. Sebaliknya, muatan negatif menciptakan garis-garis medan yang berjalan menuju muatan negatif dan menjauh dari muatan positif atau muatan lainnya.

Medan listrik bisa menjadi satu muatan tunggal atau sekelompok muatan yang mendistribusikan medan listriknya ke seluruh ruang di sekitarnya. Medan listrik ini mengikuti hukum fisika, seperti Hukum Coulomb, yang menjelaskan bagaimana medan listrik dipengaruhi oleh jumlah muatan dan jarak antara muatan tersebut.