Brilio.net - Peristiwa pemuaian merupakan salah satu peristiwa yang kerap dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Pemuaian umumnya terjadi akibat perubahan suhu yang dialami oleh suatu benda. Contoh benda yang dapat mengalami pemuaian adalah kaca, logam, dan masih banyak lagi.

Peristiwa pemuaian juga dapat terjadi seiring bertambahnya ukuran luas atau volume suatu benda. Peristiwa ini juga disebut dengan pemuaian luas, yakni perubahan dalam luas suatu benda atau bahan sebagai akibat dari perubahan suhu atau suhu lingkungan. Ketika suhu suatu benda berubah, benda tersebut dapat mengalami perubahan dalam luasnya.

Pemahaman tentang pemuaian luas penting dalam berbagai konteks teknik dan rekayasa, seperti perancangan jembatan, konstruksi bangunan, pengembangan peralatan elektronik, dan banyak aplikasi lainnya. Nah, agar lebih memahami tentang peristiwa pemuaian luas, berikut brilio.net rangkum materi mengenai rumus pemuaian luas beserta pengertian, contoh penerapan, dan cara menghitungnya dari berbagai sumber pada Jumat (20/10).

Pengertian dan rumus pemuaian luas.

rumus pemuaian luas © berbagai sumber

foto: unsplash.com

Pemuaian luas adalah perubahan dalam luas suatu benda atau bahan sebagai akibat dari perubahan suhu atau suhu lingkungan. Pemuaian luas biasanya terjadi pada benda yang memiliki ukuran panjang dan lebar. Pemuaian luas juga dapat didefinisikan sebagai pertambahan ukuran luas suatu benda karena menerima kalor.

Salah satu contohnya benda yang memiliki pemuaian luas adalah jendela kaca rumah. Saat udara dingin, kaca akan menyusut karena koefisien muai kaca lebih besar daripada koefisien muai kayu. Jika suhu meningkat, maka kaca jendela akan memuai sehingga kaca akan terlihat terpasang rapat pada kusen kayu.

Untuk dapat menghitung perubahan luas pada benda bidang yang mengalami pemuaian, dapat menggunakan rumus pemuaian luas sebagai berikut:

ΔA = A * 2α * ΔT

di mana:

ΔA adalah perubahan luas.
A adalah luas awal benda.
α adalah koefisien pemuaian linier benda.
ΔT adalah perubahan suhu dalam satuan derajat Celcius atau Kelvin.