Brilio.net - Buat kamu yang mengambil jurusan IPA di sekolah, kamu perlu mengetahui rumus percepatan sudut. Rumus percepatan sudut adalah konsep penting dalam fisika yang digunakan untuk mengukur sejauh mana suatu benda dapat mempercepat atau memperlambat pergerakan rotasinya.

Mungkin kamu merasa kesulitan untuk memahami pengertian, hingga cara mengerjakan soal yang menggunakan rumus percepatan sudut ini. Oleh karena itu, yuk kita bahas pengertian percepatan sudut, memberikan beberapa contoh soal untuk membantu pemahamanmu, dan menjelaskan cara menghitungnya.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (25/10), Mari ini penjelasan tentang rumus percepatan sudut yang mudah dipahami, pengertian, contoh soal dan cara pengerjaannya. Cekidot!

Rumus percepatan sudut freepik.com

foto: freepik.com

Pengertian Rumus Percepatan Sudut

Rumus percepatan sudut adalah ukuran seberapa cepat atau lambat suatu benda mengubah kecepatan sudutnya. Secara sederhana, percepatan sudut menggambarkan sejauh mana suatu benda bisa berputar lebih cepat atau lebih lambat.

Rumus percepatan sudut sering dinyatakan dalam satuan radian per detik kuadrat (rad/s²). Konsep ini mirip dengan percepatan linear yang mengukur perubahan kecepatan linier suatu benda dalam gerakan lurus.

Nah, adapun rumus percepatan sudut umumnya dinyatakan sebagai berikut:

[ alpha = frac{Delta omega}{Delta t} ]

Definisi dalam rumus ini:
- ( alpha ) adalah percepatan sudut (dalam radian per detik kuadrat).
- ( Delta omega ) adalah perubahan kecepatan sudut (dalam radian per detik).
- ( Delta t ) adalah perubahan waktu (dalam detik).

Rumus percepatan sudut freepik.com

foto: freepik.com