Brilio.net - Suhu merupakan istilah yang tak asing didengar. Apalagi di masa pandemi, kemanapun kamu pergi seperti mall atau tempat-tempat publik pasti diminta mengukur suhu badan terlebih dahulu. Tahu nggak sih, jika alat pengukur suhu tersebut bisa dihitung dalam rumus tersendiri? Lantas apa itu suhu?

Suhu adalah ukuran panas atau dinginnya suatu benda. Suhu dapat mempengaruhi berbagai fenomena fisika, seperti pemuaian, perubahan wujud, dan energi kinetik. Untuk mengukur suhu, kita membutuhkan alat yang disebut termometer. Termometer memanfaatkan perubahan sifat zat akibat suhu, seperti zat cair, bimetal, atau kristal cair.

Termometer juga menggunakan skala tertentu untuk menyatakan suhu, seperti Celcius, Fahrenheit, Kelvin, dan Reamur. Setiap skala memiliki titik acuan dan rumus konversi yang berbeda.

Nah, pada artikel ini brilio.net memberikan ulasan tentang rumus celcius ke fahrenheit. Konversi rumus celcius ke fahrenheit cukup mudah dipahami. Kamu bisa menyimak rumus dan caranya dibawah ini. Dilansir dari berbagai sumber pada Selasa (31/10).

Konsep suhu dan alat pengukur suhu.

rumus celcius ke fahrenheit © 2023 brilio.net

foto: freepik.com

Suhu adalah ukuran panas atau dingin yang dinyatakan dalam skala tertentu. Suhu menunjukkan arah aliran energi panas dari benda yang bersuhu tinggi ke benda yang bersuhu rendah. Suhu juga berkaitan dengan energi kinetik partikel penyusun benda. Semakin besar energi kinetik partikel, semakin tinggi suhu benda.

Suhu dapat diukur dengan alat yang disebut termometer. Termometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur suhu, atau derajat panas dan dinginnya suatu benda. Ada beberapa jenis termometer yang umum digunakan, seperti termometer air raksa, digital, empeng digital, inframerah, dan telinga. Setiap termometer memiliki cara kerja dan cara penggunaan yang berbeda.

Sementara itu, terdapat beberapa jenis skala suhu yaitu:

- Skala Celcius (°C): Skala ini dinamai menurut ilmuwan Swedia, Anders Celcius, yang menetapkan titik beku air pada 0°C dan titik didih air pada 100°C pada tekanan atmosfer standar.

- Skala Fahrenheit (°F): Skala ini berdasarkan penemunya yaitu ilmuwan Jerman, Daniel Gabriel Fahrenheit, yang menetapkan titik beku larutan garam pada 0°F dan suhu tubuh manusia normal pada 96°F.

- Skala Kelvin (K): Skala ini menurut ilmuwan Inggris, William Thomson, yang juga dikenal sebagai Lord Kelvin, yang menetapkan titik nol absolut (suhu terendah yang mungkin) pada 0 K dan satuan yang sama dengan skala Celcius.

- Skala Reamur (°R): Sementara skala reamur ditemukan ilmuwan Prancis, René Antoine Ferchault de Réaumur, yang menetapkan titik beku air pada 0°R dan titik didih air pada 80°R.