Brilio.net - Geografi adalah ilmu yang mempelajari tentang bumi, baik dari segi fisik maupun sosial. Geografi memiliki banyak materi yang menarik dan bermanfaat untuk dipelajari, salah satunya adalah skala peta. Skala peta adalah perbandingan antara jarak pada peta dengan jarak sebenarnya di lapangan. 

Skala peta dapat ditulis dalam bentuk angka atau batang. Skala angka menunjukkan rasio antara jarak pada peta dengan jarak sebenarnya, misalnya 1:100.000. Skala batang menunjukkan garis lurus yang dibagi menjadi beberapa ruas yang mewakili jarak tertentu, misalnya 1 cm = 1 km.

Supaya lebih mudah menghitung rumus skala peta, berikut brilio.net memberikan penjelasan lengkap tentang rumus skala peta, beserta pengertian, cara menghitung, dan contoh soal, dihimpun dari berbagai sumber pada Jumat (6/10).

Pengertian dan rumus skala peta.

rumus skala peta © 2023 brilio.net

foto: freepik.com 

Skala peta adalah perbandingan antara jarak pada peta dengan jarak sebenarnya di lapangan. Skala peta dapat ditulis dalam bentuk angka atau batang. Skala angka menunjukkan rasio antara jarak pada peta dengan jarak sebenarnya, misalnya 1:100.000. Skala batang menunjukkan garis lurus yang dibagi menjadi beberapa ruas yang mewakili jarak tertentu, misalnya 1 cm = 1 km.

Untuk menghitung skala peta, bisa menggunakan rumus berikut:

Skala = Jarak pada peta/Jarak sebenarnya 

Untuk menghitung jarak pada peta, bisa menggunakan rumus berikut:

Jarak pada peta = Skala x Jarak pada peta

Untuk menghitung jarak pada peta, bisa gunakan rumus berikut:

Jarak pada peta = Jarak sebenarnya/Skala