Brilio.net - Dalam dunia bisnis dan perkantoran, Microsoft Excel menjadi salah satu tools yang penting untuk mengolah data secara efisien. Oleh karena itu, menguasai rumus-rumus di Excel perlu pahami siapapun, termasuk penggunaan rumus persentase excel. Dengan kemampuan ini, kamu bisa dengan mudah menghitung pertumbuhan suatu data, merinci bagian dari keseluruhan data, atau bahkan mengevaluasi performa data keuangan tertentu.

Nah, pada artikel kali ini, brilio.net akan membahas secara mendalam rumus persentase excel, dan memberikan panduan langkah demi langkah untuk pemula agar dapat menggunakan rumus excel ini. Berikut penjelasan lengkap tentang rumus persentase excel, beserta pengertian dan cara penggunaannya seperti dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (8/12).

Pengertian rumus persentase excel.

Rumus persentase excel © 2023 brilio.net

foto: freepik.com

Persentase atau perseratus adalah sebuah angka atau perbandingan (rasio) untuk menyatakan pecahan dari seratus. Persentase sering ditunjukkan dengan simbol “%”. Dalam bahasa Inggris persentase dapat ditulis “percent” yang merupakan kependekan dari kata per centum yang berarti per seratus.

Selanjutnya, rumus persentase dalam Microsoft Excel adalah formula matematika yang digunakan untuk menghitung persentase dari suatu nilai terhadap nilai lainnya. Rumus persentase excel ini sangat berguna untuk menganalisis data, menampilkan perbandingan, atau menyajikan informasi dalam bentuk persentase.

Perlu dipahami bahwa penggunaan rumus persentase excel ini tidak berdiri sendiri, tetapi melibatkan penggunaan operator matematika, seperti pembagian dan perkalian. Adapun cara untuk menghitung persentase di Excel, dapat menggunakan rumus berikut:

A1 / A2 ×100%

Keterangan:

- A1 adalah nilai yang ingin dihitung persentasenya

- A2 adalah total nilai yang relevan.

Setelah itu, kalikan hasilnya dengan 100 untuk mendapatkan persentase dalam format persen. Kamu juga dapat menampilkan format persen (%) di Excel dengan mudah dan cepat. Salah satu cara yang bisa digunakan adalah dengan memformat cell Excel dengan mengubah style format persen (%) pada Tab Home–Number–Percent (%).