Brilio.net - Excel adalah salah satu aplikasi yang sering digunakan untuk mengolah data dan membuat laporan. Salah satu fungsi yang penting dan sering digunakan di excel adalah fungsi pembagian. Fungsi pembagian dapat membantu kamu membagi nilai antara dua atau lebih sel dengan mudah dan cepat.

Rumus pembagian excel ini bisa kamu manfaatkan untuk mencari pembagian nilai dengan rata-rata data maupun nilai pembagian antar sheet. Jika masih bingung bagaimana menggunakan rumus pembagian excel, jangan khawatir. Pasalnya dalam artikel ini, brilio.net akan menjelaskan rumus pembagian excel dan cara menggunakannya yang mudah dipahami.

Langsung saja, berikut rumus pembagian excel, lengkap dengan konsep dasar dan cara menggunakannya, yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (29/11).

Pengertian dan rumus pembagian excel.

rumus pembagian excel © 2023 brilio.net

foto: freepik.com

Rumus pembagian excel adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan proses menghitung hasil bagi antara dua atau lebih nilai di dalam program Microsoft Excel. Bisa dibilang rumus pembagian excel juga berguna untuk menghitung rasio, persentase, margin, dan lain-lain. Adapun untuk melakukan pembagian excel dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti menggunakan simbol garis miring (/), fungsi QUOTIENT, fungsi MOD, atau fungsi PRODUCT.

Adapun cara dan rumus pembagian excel sebagai berikut:

1. Menggunakan simbol garis miring (/) sebagai operator pembagian. Contoh: =A1/B1, yang berarti membagi nilai di sel A1 dengan nilai di sel B1.

2. Menggunakan fungsi QUOTIENT, pada fungsi ini kamu bisa mencari suatu nilai data dengan mengembalikan hasil bagi tanpa sisa.

Misalnya: =QUOTIENT(A1,B1), yang berarti membagi nilai di sel A1 dengan nilai di sel B1 dan mengambil bagian bulatnya saja.

3. Fungsi MOD dilakukan dengan mengambil sisa bagi suatu data. Contoh: =MOD(A1,B1), yang berarti membagi nilai di sel A1 dengan nilai di sel B1 dan mengambil bagian sisanya saja.

4. Sementara ketika menggunakan fungsi PRODUCT, melakukan pembagian hasil kali dari beberapa nilai. Contoh: =PRODUCT(A1,B1,1/B2), yang berarti mengalikan nilai di sel A1 dengan nilai di sel B1 dan kemudian membaginya dengan nilai di sel B2.