Brilio.net - Bagi sebagian orang matematika merupakan pelajaran yang menyenangkan. Nggak heran jika beberapa orang suka mempelajari materi matematika ini. Nah, salah satu materi matematika yang menarik untuk dipelajari adalah lingkaran. Lingkaran adalah salah satu bentuk geometri yang paling sederhana dan sering ditemukan di sekitar.

Lingkaran memiliki banyak sifat dan rumus yang menarik untuk dipelajari, salah satunya adalah rumus panjang busur. Apa itu panjang busur? Bagaimana cara menghitungnya? Sederhananya, panjang busur adalah ukuran panjang garis lengkung yang merupakan bagian dari keliling lingkaran.

Panjang busur bergantung pada besar sudut pusat yang memotong lingkaran tersebut. Semakin besar sudut pusat, semakin panjang pula busur yang terbentuk. Agar lebih memahami rumus panjang busur ini, berikut ulasan lengkap tentang rumus panjang busur, pahami definisi, ciri, dan cara pengerjaan soalnya yang dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (24/11).

Definisi panjang busur.

rumus panjang busur © 2023 brilio.net

foto: freepik.com

Panjang busur adalah panjang dari sebagian lingkaran atau kurva. Untuk memahami konsep ini, perlu memahami terlebih dahulu apa itu lingkaran. Lingkaran adalah himpunan semua titik yang berjarak sama dari suatu titik tertentu yang disebut pusat lingkaran. Panjang busur dapat diukur dalam satuan panjang seperti sentimeter atau meter.

Agar lebih memahami apa itu panjang busur maka perlu perhatikan gambar di bawah ini.

rumus panjang busur © 2023 brilio.net

foto: Istimewa

Berdasarkan gambar tersebut dapat dilihat bahwa lingkaran itu berpusat pada titik O, sementara pada bagian lainnya ada titik A dan C yang tepat berada di keliling lingkaran. Kemudian pada garis lengkung dapat menghubungkan titik A dan C yang disebut busur lingkaran sehingga, dapat disimpulkan bawah busur lingkaran merupakan garis lengkungan bagian dari keliling lingkaran yang menghubungkan dua titik pada lingkaran.

Dengan demikian, dapat dipahami bahwa panjang busur merupakan panjang garis lengkung yang menghubungkan dua titik pada keliling lingkaran.