Brilio.net - Dalam kehidupan sehari-hari, apakah kamu sering menemukan benda yang berbentuk kerucut? Nyatanya, berbagai bentuk kerucut bisa mudah kamu temukan di berbagai tempat.

Misalnya di dapur, ibumu mungkin punya perabotan atau wadah yang bentuknya kerucut. Pada saat perayaan pesta ulang tahun, topi yang dikenakan para tamu undangan juga biasanya berbentuk kerucut.

Bentuk kerucut juga bisa kamu temukan pada bentuk gelas minuman, sampai bentuk bangunan lewat struktur arsitekturnya.

Fenomena banguna ruang kerucut dalam kehidupan sehari-hari ini menunjukkan bahwa bentuk kerucut tidak hanya memiliki aplikasi matematis dalam perhitungan volume dan luas permukaan. Melainkan, bangun ruang kerucut juga memiliki aplikasi fungsional dan estetis dalam kehidupan sehari-hari. Desain kerucut sering dipilih karena memberikan efisiensi ruang dan estetika yang menarik.

Untuk itu, penting kiranya kamu memahami bangun ruang kerucut lewat salah satu rumus hitungnya yakni rumus luas kerucut. Buat kamu yang ingin mencari lebih banyak lagi referensi rumus luas kerucut, atau sedang kelitan bagaimana memecahkan soal rumus luas kerucut, kamu bisa simak artikel berikut ini.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (14/11), ini dia penjelasan tentang rumus luas kerucut, pengertian, contoh soal dan trik mudah mengerjakannya!

Rumus luas kerucut Berbagai sumber

foto: vedantu.com